- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Polres Purworejo hari ini, Senin (14/10) mulai menggelar Operasi Zebra Candi 2024. Dipastikan tidak ada lokasi tetap atau stasioner dalam operasi yang akan berlangsung selama 14 hari tersebut.

“Tidak ada kegiatan operasi yang sifatnya stasioner, memang tidak diperbolehkan. Operasi Zebra Candi 2024 kita laksanakan secara mobile dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif serta penegakan hukum,” kata Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Untung Ariyono, Senin (14/10).

Operasi Zebra Candi akan berlangsung selama 14 hari sejak 14 hingga 27 Oktober 2024. Apel gelar pasukan telah dilaksanakan Senin pagi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Purworejo, AKBP Edy Bagus Sumantri. Operasi ini melibatkan sebanyak 51 Personel.

Untung menyebut, ada sejumlah pelanggaran yang menjadi prioritas dalam operasi ini diantaranya pengendara melawan arus, berkendara dipengaruhi alkohol, menggunakan HP saat berkendara, tidak mengenakan helm SNI, tidak mengenakan sabuk pengaman bagi pengendara kendaraan roda empat, menerobos rambu-rambu larangan, pengendara dibawah umur serta penggunaan knalpot brong.

ads

“Balap liar juga akan menjadi prioritas, seperti di jalan raya Niten. Kami akan melakukan patroli rutin, termasuk di Pasar Balaidono, kalau malam di sana sering jadi tempat nongkrong anak-anak muda,” katanya.

Operasi Zebra Candi tahun ini mengusung tema “Melalui Operasi Zebra Candi 2024 dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalu Lintas demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman.”

Kapolres Purworejo, AKBP Edy Bagus Sumantri pada apel gelar pasukan tersebut berharap Operasi Zebra 2024 berkontribusi secara signifikan dalam menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, sekaligus meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami berharap, dengan pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2024 ini, kita dapat melihat penurunan yang signifikan dalam jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Purworejo. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalu lintas demi terwujudnya keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan nyaman,” ujar Kapolres Purworejo.

Selain meningkatkan disiplin berlalu lintas, Operasi Zebra Candi 2024 juga untuk mendukung kelancaran dan keamanan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Di Purworejo operasi ini akan melibatkan 51 personel kepolisian dari berbagai fungsi, yang akan ditempatkan di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas. Operasi Zebra Candi menjadi salah satu upaya strategis untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih baik, aman, dan nyaman bagi semua pengguna jalan.(tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!