- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo)-Raut bahagia terpancar amat jelas dari wajah Sopiah, warga Desa Sambeng, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Betapa tidak, rumahnya yang dulu reot kini telah kokoh setelah dilakukan rehabilitasi oleh para prajurit Ksatria Bharata Yonif 412/BES/6/2 Kostrad Purworejo.

Sopiah tinggal seorang diri di rumah itu. Rumah sebelumnya hanya terbuat dari bambu dengan dinding kayu yang sudah usang bahkan sebagian hanya memanfaatkan terpal sebagai penutup.

Rumah berlantai tanah itu ia tempati sudah kurang lebih 10 tahun. Ketidakberdayaanya membuat janda dengan dua orang anak ini harus bersabar tinggal di rumah reyot itu.

Kehadiran prajurit Yonif 412 seakan menjadi malaikat-malaikat berwujud manusia bagi Sopiah. Ia tak menyangka bisa memiliki rumah cantik, kokoh dan tentunya lebih aman saat terik matahari dan hujan seperti yang sekarang ini.

ads

Rumah Sopiah yang baru dibangun dengan tiang beton, berdinding habel dan konstruksinya sebagian menggunakan baja ringan. Rumah berukuran 6×6 meter persegi itu tentunya aman dari rayap.

Dengan jiwa sosial serta semangat gotong royong. prajurit Ksatria Bharata Yonif 412/BES/6/2 Kostrad Purworejo berhasil mewujudkan mimpi wanita 70 tahun ini untuk memiliki rumah tinggal yang layak.

Rumah sederhana namun nyaman ini telah selesai dibangun dan diserahkan langsung oleh Komandan Yonif 412/BES/6/2 Kostrat, Letkol Inf Syahrul Ramadhan kepada Ibu Sopiah.

“Ibu Sopiah, selama ini tinggal di rumah yang sangat memprihatinkan. Melihat kondisi tersebut, kami tergerak untuk membantu meringankan beban Ibu Sopiah dengan merehab rumah agar layak huni,” ucap Letkol Inf Syahrul Ramadhan usai menyerahkan kunci rumah tersebut.

Syahrul pun turut bersyukur karena pembangunan rumah itu berjalan lancar sejak awal hingga kunci diserahkan.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar. Kami berharap rumah baru ini dapat memberi kenyamanan dan kebahagiaan bagi Ibu Sopiah” terangnya.

Proses pembangunan rumah ini bersinergi melibatkan prajurit Yonif 412/BES/6/2 Kostrad dan warga desa setempat. Mereka bekerja sama dan gotong royong untuk merancang, membangun, hingga menyelesaikan rumah tersebut.

Berkat kebersamaan antara TNI dan Warga pembangunan rumah itu selesai dalam waktu satu bulan. Rumah tersebut dilengkapi dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur serta kamar mandi yang dilengkapi dengan fasilitas dasar.

Sopiah tak dapat menyembunyikan rasa bahagia dan harunya usai melihat rumah barunya. Air matanya bercucuran saat menerima kunci rumah tersebut dari tangan Komandan Yonif 412 Syahrul Ramadhan.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak TNI dari Yonif 412 Purworejo yang telah merehab rumah saya, sehingga jauh lebih baik dari yang saya miliki sebelumnya. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Bapak TNI,” ucap Ibu Sopiah dengan mata yang berkaca-kaca.

Syahrul berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Yonif 412/BES/6/2 Kostrad berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial demi kesejahteraan masyarakat.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!