- iklan atas berita -

SLEMAN, Metrotimes.news – Asalkan tidak melanggar aturan, pada saat kampanye berbagai cara akan dilakukan para relawan untuk menarik simpati masyarakat agar nantinya memilih Capres-cawapres yang diusungnya. Seperti cara para kiai dan pengasuh pesantren di Yogyakarta yang tergabung dalam relawan Jaringan Ganjar Nusantara (Jaga NU).

Mereka rela bergerilya dalam mengkampanyekan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Seperti yang terjadi saat relawan Jaga NU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar konsolidasi usai melakukan pengajian.

Dalam kesempatan tersebut, para kiai secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Ganjar-Mahfud. Tak hanya itu, mereka juga mengajak para santri mengikuti pilihannya.

KH Asyari Abta, pengasuh pesantren Tegalsari, Sleman, mengatakan Ganjar dan Mahfud sebagai sosok pemimpin yang sederhana karena keduanya lahir dari bawah.

“Pak Ganjar pemimpin yang mengerti kondisi masyarakat karena beliau lahir dari bawah. Sedang Prof Mahfud sebagai pendekar hukum yang akan membereskan permasalahan korupsi,” ungkapnya, usai Ngaji bareng Kitab Fakhrurrozi di Ponpes Tegalsari, Sabtu (10/2) siang.

ads

Konsolidasi relawan dihadiri ratusan kiai, pengasuh pesantren dan takmir masjid dari berbagai desa di Kabupaten Sleman. Menyebut diantaranya, KH Ijtabahu Robbuhu pengasuh Ponpes Al Munawwir Krapyak, KH Beny Susanto pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga, dan Prof Dr KH Rochmat Wahab mantan Ketua PWNU DIY.

Koordinator relawan Jaga NU Yogyakarta, Kiai Muhammadun mengatakan militansi para kiai dan ulama dalam memenangkan paslon Ganjar-Mahfud dilatarbelakangi keinginan untuk memiliki pemimpin yang peduli terhadap pesantren.

Menurutnya rekam jejak paslon yang didukungnya itu secara jelas telah menunjukkan keberpihakan keduanya terhadap masyarakat santri. Hal ini terbukti dari kepemimpinan Ganjar Pranowo selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan Mahfud MD yang telah malah melintang di berbagai lembaga publik.

“Jadi, dukungan para kiai kepada Pak Ganjar dan Prof Mahfud ini telah melalui ijtihad dan pertimbangan yang matang. Kami haqqul yakin, beliau berdua sosok pemimpin yang amanah, yang dekat dengan masyarakat santri bukan hanya saat menjelang Pemilu saja,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!