- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Warga masyarakat Dusun Kwangsan Desa Prajeksari Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang dan sekitarnya memadati jalanan di Dusun Kwangsan Desa Prajeksari, Minggu (10/09). Mereka rela berdesak – desakan menyaksikan tumpeng pada pagelaran saparan atau merti dusun yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh Dusun Kwangsan.

Kepala Desa Prajeksari, Waton Satoto mengatakan, kegiatan saparan atau merti dusun ini sudah dilaksanakan turun temurun sejak zaman dulu. Dan tidak hanya acara tumpeng saja, namun juga sedekah hasil bumi Dusun Kwangsan dan juga acara kesenian tradisional.

“Tumpeng adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas kesuburan tanah, sumber air dan udara yang setiap hari bisa dirasakan. Dan tumpeng ini bisa dinikmati dan di makan secara bersama oleh para masyarakat yang datang di lokasi,” ucap Kepala Desa Prajeksari, Waton Satoto.

Tradisi saparan atau merti dusun di Dusun Kwangsan ini juga dihadiri secara langsung oleh anggota Komisi IV DPR RI fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah VI (Kota Magelang, Kab. Magelang, Kab. Temanggung, Kab. Wonosobo, dan Kab. Purworejo), Vita Ervina, S.E., M.B.A.

Vita (sapaan akrab Vita Ervina, S.E., M.B.A) sangat mengapresiasi tradisi saparan atau merti dusun ini. Menurutnya, sebagai manusia tidak bisa lepas dari hubungan dengan Tuhan sebagai pemberi kehidupan dan alam sebagai tempat untuk hidup.

ads

“Saya secara pribadi sangat mengapresiasi kepada masyarakat Dusun Kwangsan atas tradisi saparan atau merti dusun, dan ini semua untuk kita sebagai manusia untuk kembalikan posisi manusia berhubungan dengan Tuhan dan alam,” kata Vita Ervina.

Jelas Vita, tradisi merti dusun seperti ini diharapkan secara aktif dan terus menerus bisa dilaksanakan di setiap tahunnya untuk nguri – uri budaya tanah air Indonesia. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!