- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Surabaya ditetapkan kembali sebagai tuan rumah Indolivestock Expo & Forum, pameran industri peternakan internasional terbesar di Indonesia yang diikuti tak kurang 40 negara.

 

Pameran akan berlangsung 17 – 19 Mei 2017 di Grand City Convex Surabaya. Berdasarkan catatan  Surabaya telah dua kali menjadi tuan rumah Indolivestock yaitu tahun 2011 dan 2015. Sejak tahun 2011 pameran Indolivestock yang semula berlangsung 2 tahun sekali, berubah menjadi setiap tahun, yaitu tahun genap di Jakarta dan tahun ganjil di luar Jakarta. Setelah berlangsung di Surabaya tahun 2011, tahun 2013 Indolivestock diselenggarakan di Denpasar, kemudian tahun 2015 kembali diselenggarakan di Surabaya.

 

Sesuai namanya, pameran ini disertai dengan sejumlah kegiatan forum seminar, sarasehan, simposium dan sebagainya. Organisasi peternakan dan kesehatan hewan secara rutin menyelenggarakan seminar di tengah-tengah acara pameran antara lain PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia), ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia), FORMAT (Forum Media Peternakan). Selain itu perusahaan-perusahaan peserta pameran juga menyelenggarakan technical seminar yang sangat berguna bagi kalangan usaha peternakan dan akademisi.

ads

 

Dalam peta bisnis peternakan, Jawa Timur adalah wilayah peternakan terbesar di Indonesia. Propinsi Jatim adalah penghasil telur di Indonesia, dan juga merupakan provinsi dengan populasi dapi terbanyak di Indonesia. Sejumlah perusahaan nasional dan multinasional peternakan juga membangun pabrik di wilayah ini, antara lain Charoen Pokphand, Japfa Confeed, Cheil Jedang Indonesia, Trouw Nutrition, DSM Nutritional Product Manufacturing Indonesia dan sebagainya. Di Daerah ini pula salah satu perusahaan perunggasan terkemuka berkantor pusat, yaitu Wonokoyo Jaya Corporation.

 

Wilayah Jatim yang dikenal sebagai sentra perunggasan adalah Blitar dan Kediri. Sementara itu daerah Malang sebagai sentra sapi perah dan Sidoardjo sebagai daerah pabrik pakan.(ron)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!