- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) Ikatan Notaris Indonesia (INI) secara serentak yang dilaksanakan oleh Pengda INI Surabaya dan Pengda INI Gresik, pada tanggal 28 Agustus 2021.

 

Seleksi ALB oleh Pengda INI Surabaya diselenggarakan di Hotel Novotel Samator Surabaya, dan Pengda INI Gresik menyelenggarakan di Hotel Horison Gresik. Acara seleksi ALB dimulai jam 9 dan berlangsung selama 4 (empat) jam. Seleksi secara ujian tertulis, dan selanjutnya dilaksanakan ujian lisan. Dimana ujian lisan ini diuji oleh senior-senior yang terdiri dari Dewan Kehormatan Daerah (DKD), MPD, maupun para senior Notaris di masing-masing Pengda yaitu di Gresik dan Surabaya.

ads

 

Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) Jawa Timur INI, Siti Anggraenie Hapsari S.H., M.H., menyampaikan, ALB ini adalah merupakan agenda rutin dari organisasi Notaris. Seleksi ALB ini bisa dilaksanakan oleh Pengda sendiri di masing-masing Pengda. Bisa juga dilaksanakan oleh Pengda gabungan bersama Pengwil atau juga bisa dilaksanakan oleh Pengwil sendiri apabila Pengda tidak ada yang melaksanakan.

“Seleksi ALB Semula direncakanan diadakan di Pengda Surabaya, Pengda Malang dan Pengda Jember karena masing-masing ada Universitas Airlangga (Unair), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Islam Malang (Unisma) dan Universitas Jember (Unej) sebagai Universitas penyelenggara Prodi Kenotariatan. Namun mengingat kondisi PPKM yang tidak memungkinkan, maka akhirnya diputuskan hanya melaksanakan di Pengda Surabaya dan Pengda Gresik,” terang Ketua Pengwil Jatim INI melalui WhatsApp.

 

 

 

Ia juga menuturkan, sebelumnya pada tanggal 26 Agustus 2021, atau dua hari sebelum seleksi ALB telah dilaksanakan pembekalan melalui sistem online atau Zoom. Karena memang kita menghindari pertemuan fisik secara langsung dan terlalu panjang waktunya, karena itu untuk pembekalannya dilaksanakan melalui daring atau zoom.

Selaku narasumber atau pemateri untuk materi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga diberikan oleh Bapak Bambang Heru Djuwito, SH., MH., kemudian untuk materi Peraturan Perkumpulan diberikan oleh Ibu Dwi Rossulliati, SH.

 

 

“Jadi setelah pembekalan masih ada kesempatan untuk belajar bagi adik-adik yang akan mengikuti seleksi ALB. Seleksi kali ini pesertanya tidak terlalu banyak, hanya 62 orang dan dibagi menjadi dua, yaitu masing-masing 32 orang untuk Pengda Surabaya dan 30 orang untuk Pengda Gresik,” ujarnya.

 

Jadi mudah-mudahan dengan pembekalan ini adik-adik bisa lulus dan menjadi anggota luar biasa dari organisasi INI dan nanti setelah lulus, pesan saya, segera adik-adik mendaftarkan menjadi anggota luar biasa PP INI dan setelah itu memang masih ada kewajiban lain yaitu untuk mengikuti magang bersama selama empat semester atau dua tahun.

“Setelah lulus menjadi ALB ini agar adik-adik aktif untuk mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi INI karena sudah menjadi anggota walaupun masih berstatus anggota luar biasa dan ini juga terkait pada poin-poin kegiatan yang harus dikumpulkan, guna menunjang ataupun sebagai prasarat nanti pada saat pengangkatan sebagai Notaris,” pesan dan harapan Ketua Pengwil Jatim INI. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!