- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Angka kematian pada orang dengan obesitas karena kesepian ditemukan meningkat. Telah muncul berbagai penelitian sebelumnya mengenai kesepian dan penyakit yang meningkatkan risiko kematian dini. Salah satunya pada jurnal JAMA pada akhir Januari 2024 tentang kasus tersebut. 

Dua Asumsi

Prof Dr Nurul Hartini S Psi M Kes Psikolog, sebagai Pakar Psikologi Universitas Airlangga menjelaskan bahwa sangat mungkin benar kematian pada orang obesitas dapat terjadi karena kesepian. Tetapi hal ini dapat terjadi dengan dua asumsi yakni kesepian yang menyebabkan obesitas hingga kematian, ataukah obesitas yang menciptakan kesepian hingga pada kematian. 

“Bisa jadi seseorang mengurung diri sehingga ia menjadi kesepian dan dari kesepian ini menimbulkan tindakan-tindakan yang memperparah kondisi tubuhnya misalnya tidak bisa mengontrol berat badan. Atau dapat pula orang dengan obesitas menerima stigma masyarakat bahwa dirinya tidak sesuai standar kecantikan atau hal negatif lain kemudian tidak bisa beradaptasi, mengurung diri dan merasa kesepian kemudian meningkatkan aktivitas negatif lainnya,” ungkapnya. 

ads

Menurutnya, obesitas memiliki dampak pada metabolisme tubuh. Secara hormonal tubuh, obesitas dapat menyebabkan penyakit lain dalam tubuh. Sehingga bisa saja bukan karena kesepian atau obesitasnya tetapi karena tubuhnya telah obesitas ditambah dan diperparah dengan mental illness yang kemudian memberi dampak sistem hormonal tubuh hingga menyebabkan munculnya penyakit penyerta lain.

Berbagai Faktor

Dosen Fakultas Psikologi ini memaparkan bahwa kesepian menyebabkan kematian pada obesitas merupakan satu dari sekian faktor. Ia menuturkan bahwa obesitas sangat berpengaruh terutama pada sistem hormonal. Secara psikologis, obesitas dapat terjadi bermula dari kondisi stres. Sebagian orang dapat mengontrol stres dengan tindakan positif seperti melakukan aktivitas olahraga, namun sebagian orang justru menanggapi stres dengan melakukan tindakan negatif.

“Tindakan negatif ini seperti individu yang tidak mampu menjaga pola makan. Kemudian memicu berat badan berlebih hingga menyebabkan obesitas. Setelah terjadi kenaikan berat badan, terjadi kesulitan untuk menurunkannya. Padahal, individu tersebut memiliki body image yang berbeda bahwa obesitas merupakan sesuatu yang tidak bagus atau tidak cantik.”

Hal ini kemudian menciptakan double stress yakni suatu kondisi yang berawal stres dari eksternal tetapi ditambah menjadi stress internal. Lebih lanjut ia menjelaskan, kondisi stres internal terjadi karena ia tidak mencintai diri sendiri akibat kondisi tubuhnya. Pada akhirnya, seseorang dengan obesitas membatasi dan menjauhkan diri dari khalayak atau merasa ditinggalkan oleh lingkungan.

“Ada perasaan sendiri. Coping negatif bermunculan seperti tidak percaya diri karena tidak mampu menciptakan self esteem yang positif sehingga memperparah kondisi,” tuturnya.

Meningkatkan Self Awareness

Prof Nurul memaparkan bahwa dalam mencegah terjadinya peningkatan kematian pada orang dengan obesitas karena kesepian dibutuhkan dukungan dari lingkungan. Selain individu perlu meningkatkan self awareness, lingkungan juga patut berperan. 

“Ketika menyaksikan perubahan perilaku, maka lingkungan harus sesegera mungkin bertindak. Misalnya ketika pada suatu individu terjadi perubahan perilaku yang menunjukkan tanda-tanda stress maka perlu mengajak bicara untuk mendengar keluhan sebagai bentuk social support,” paparnya. 

Masyarakat juga harus meningkatkan edukasi dengan memperbanyak literasi kesehatan mental. Bahwa kesepian menjadi yang utama sebagai salah satu ciri-ciri mental yang tidak sehat. Kondisi mental yang sehat akan selalu menciptakan relasi harmonis dengan lingkungan sosial.

Edukasi dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan gawai dengan sesuatu yang relevan seperti membaca atau mengakses sesuatu yang positif dan sehat menyesuaikan kondisi. Serta tidak ragu untuk mencari bantuan secara online melakukan konsultasi dengan ahli yang sesuai.

“Pada dasarnya seseorang butuh suasana sepi untuk memperoleh gagasan dan ide-ide segar. Namun, ketika kesepian itu menjelma dan berpengaruh buruk pada kondisi pribadi maka berhentilah menjauhkan diri dari lingkungan sosial dan jadilah harmonis bersama.”

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!