- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Membangkitkan minat baca buku, generasi muda sangat dibutuhkan di era digitalisasi.

Karena pentingnya membaca buku maka kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) menggelar Festival Literasi Perpustakaan (Festrip) 2023 di Perpustakaan BI Jatim, Surabaya. Dengan tema” Memperkuat Literasi Tingkatkan Kualitas Generasi”.

“Kegiatan Festrip 2023, untuk menggaungkan kembali semangat membaca pada generasi muda di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya,” ujar Kepala KPw BI Jatim, Doddy Zulverdi saat diwawancarai awak media di sela kegiatan. Sabtu, (25/11/2023)

Bank Indonesia memanfaatkan perpusatakan yang dimiliki KPw BI Jatim yang sudah mendapat sertifikat A tertinggi untuk Kategori Perpustakaan. Pihaknya mengoptimalkan fungsi perpustakaan ini, karena sebelumnya pada masa pandemi Covid-19 ditutup.

ads

“Kami hidupkan lagi perpustakaan. Kami rapikan, kualitas dan jumlah koleksi buku juga terbatas dari jumlah buku yang dikumpulkan, karena ada juga fasilitas perpustakaan online yang telah kami sediakan,” ungkap Doddy.

Bank Indonesia Jatim ingin berkontribusi, untuk terus mendorong anak muda untuk membaca secara fisik maupun online. BI Jatim akan terus menggaet minat baca anak muda, dengan mengoptimalkan adanya Bedah Buku, Talkshow, dan lomba-lomba.

“Target kepada GenBI paling utama untuk generasi muda di lingkup perguruan tinggi, paling muda di SMP dan SMA. Karena fasilitas lengkap ada untuk perguruan tinggi, akademisi berbasis pengetahuan tinggi untuk anak-anak yang mengcover kebutuhan semua umur dalam minat membaca,” terang Alumnus Columbia University.

Minat baca buku apabila tidak ada yang mendorong, maka akan menjadi menurun. Zaman sekarang anak muda lebih suka melihat/menonton daripada membaca. Menurut Doddy, padahal sensasi kedalam membaca itu lebih membangkitkan menggali pengetahuan dan keilmuan.

“Oleh karena itu, kami juga tidak menghambat kemajuan teknologi, namun kami terus berupaya “memaksa” anak muda untuk rajin membaca, melalui lomba-lomba, konten medsos BI Jatim yang kita selipkan untuk mendorong rajin membaca. Kita mengadakan Festrip dan rutin. Festrip 2023 dibuka pada hari Senin-Sabtu. Ayo manfaatkan dan ramaikan,” pungkas Doddy.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!