MetroTimes (Surabaya) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula yang diselenggarakan di hotel Simpang Surabaya, pada 21 September 2022, sebagai narasumber Rahmat Muhajirin dan juga organisasi pemerhati Pemilu Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD).

Acara Tersebut diikuti ratusan peserta yang mayoritas adalah pemilih dari kalangan muda dari kota Surabaya dan Sidoarjo serta mengambil tema ” Pemilu Pemilih Pemula”.

Rahmat Muhajirin anggota DPR RI Dapil Jatim 1 (Surabaya – Sidoarjo) menyampaikan, bahwa pada Pemilu 2024 jumlah pemilih pemula sangat banyak berkisar 54 %. Sehingga KPU bersama DPR RI dan pemerhati pemilu dirasa perlu untuk mengedukasi kaum milenial tersebut.

“Pemahaman pentingnya Pemilu sebagai kedaulatan rakyat , makanya hari ini KPU bersama dengan DPR RI gencar-gencarnya melaksanakan sosialisasi tentang pemilihan umum untuk menghadapi Pemilu serentak 2024. Agar terlaksana sesuai dengan harapan kita , Artinya lancar, luber jurdil terus kemudian partisipasinya tinggi”, tutur Rahmat Muhajirin.

“Dari Pemilu menghasilkan anggota-anggota Dewan sebagai DPR , DPRD kota/kabupaten serta provinsi dengam orang-orang yang berkualitas. Juga menghasilkan eksekutif yakni presiden beserta wakil, gubernur, bupati, Walikota yang mempunyai kompeten dalam penyelenggaraan pemerintahan”, terang Rahmat.

Ia melanjutkan, Dalam soisalisasi terhadap kaum muda tersebut KPU sudah menyiapkan transformasi sebagai sarana untuk mempermudah mendapatkan informasi.

“Transformasi KPU saat ini sudah membuat Website serta media-media sosial yang ada di masyarakat untuk gampang di capai , gampang untuk dibuka, didapatkan dan untuk dipahami. Makanya ini perlu sosialisasi Gimana caranya kita lecut para pemilih pemula untuk nyari informasi sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Kita sosialisasikan, makanya kegiatan ini hari ini kita laksanakan untuk di Surabaya. kemarin di laksanakan untuk di Kabupaten Sidoarjo. Dimana masing-masing proses sosialisasi itu 100 pesertanya Saya kira cukuplah untuk membuka pesan atau menyampaikan informasi kepada kepada pemilih pemula. Mungkin di sampaikan juga kenanggota keluarga atau anggota di lingkungan”, tegasnya.

Rahmat Muhajirin Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu juga mengajak untuk generasi muda untuk selalu menjaga eksistensi dalam pemilu 2024 mendatang.

“Pemilu memang selalu ada dan dilaksanakan 5 tahun sekali sesuai peraturan perundangan kita, ini juga menandakan bahwa negara kita itu memang negara yang mempunyai pemahaman demokrasi yang salah satu indikator negara demokrasi adalah Pemilu.

Kita ajak mereka untuk memahami betapa pentingnya Pemilu sebagai hak kedaulatan untuk memilih wakil-wakilnya di dewan DPR RI, DPRD, DPD dan juga untuk memilih pemimpin pemimpin mereka yakni presiden, Gubernur dan bupati atau walikota,” pesannya.

Rahmat juga menyarankan kepada KPU untuk berusaha Bagaimana cara para pemilih pemula tersebut agar bisa berduyun-duyun datang ke TPS guna merealisasikan hak kedaulatan .

“Gunakan sebaik-baiknya hak kedaulatan ini jangan karena uang atau Jangan karena politik identitas dan jangan karena hal hal lain yang merugikan, kemudian mereka juga salah dalam menggunakan hak kedaulatan ini. Jadi kita akan arahkan menjadi pemilih yang cerdas

Ini Kan perlu adanya sosialisasi , jadi kita enggak bisa diam jangan seperti itu ndak bisa , kita juga punya tanggung jawab moral kepada mereka untuk selalu mengedukasi mereka,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini