- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Jelang penutupan pendidikan yang dilanjutkan dengan pelantikan sebagai Perwira TNI AL, sebanyak 684 orang Siswa TNI AL Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-52 dan siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TA 2022 yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapatkan pembekalan dari sejumlah Kepala Dinas jajaran TNI AL selaku Corps Chief, Senin (3/10/2022).

Pembekalan yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya tersebut, terbagi dalam dua sesi. Dimana sesi pertama menghadirkan Kepala Dinas Operasi Latihan Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksma TNI Eko Wahjono, yang memberikan pembekalan kepada Siswa Korps Pelaut. Dalam materinya Kadisopslatal antara lain menyampaikan tentang Hakekat Perwira Korps Pelaut, dan postur seorang perwira Korps Pelaut sebagai Pemimpin TNI AL.

Pembekalan berikutnya kepada siswa Korps Teknik yang menghadirkan Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksma TNI Widiyantoro. Kepada siswa Diktukpa 52 dan Diktukpakat 2022, Laksma Widiyantoro menyampaikan tentang hakekat korps Teknik, Postur seorang perwira Korps Teknik, standar kompetensi yang harus dimiliki seorang perwira Korps Teknik, dan juga bidang profesi yang digeluti oleh para perwira Korps Teknik.

Diselingi oleh istirahat, acara pembekalan berlanjut dengan Sesi ke-2 yang menghadirkan Kadiskomlek Koarmada II Kolonel Laut (E) Eddy Saputra mewakili Kepala Dinas Materiel Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Kadissenlekal) Laksma TNI Teguh Prasetyo. Dalam pembekalannya kepada siswa Korps Elektronika, Kadiskomlek menyampaikan tentang kondisi umum saat ini di tubuh TNI AL hingga tentang bidang tugas seorang perwira Korps Elektronika, tidak ketinggalan menyangkut penempatan jabatan kelak bagi para siswa.

ads

Selanjutnya pembekalan terakhir yang disampaikan oleh Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Poedji Santoso selaku Corps Chief Korps Suplai. Kepada 135 siswa Diktukpa angkatan ke-52 dan siswa Diktukpakat 2022 Korps Suplai, Kadiskual memaparkan tentang sejarah singkat serta visi dan misi korps dengan logo baling-baling tersebut, juga menyangkut tentang profesi dasar dan profesi pengembangan dari seorang perwira Korps Suplai.

Acara pembekalan corps chief yang diagendakan berlangsung dari tanggal 3 dan 4 Oktober 2022 ini rutin diselenggarakan jelang pelantikan siswa Diktukpa menjadi perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua atau Letda. Adapun tujuannya agar seluruh siswa dapat mengenal lebih jauh profil Korps masing-masing, sehingga telah memiliki bekal pengetahuan tentang bidang tugas yang diemban sesuai korps nya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!