- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Menjelang Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal), Letjen TNI Marinir Suhartono memimpin apel khusus yang diikuti para Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta Jalasenastri, dan para Siswa yang saat ini mengikuti pendidikan di Kodiklatal, bertempat di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Senin, (23/10/2023).

Dalam amanatnya, Dankodiklatal menyampaikan bahwa apel khusus ini sekaligus exit briefing terakhir dihadapan para personel di Kodiklatal. Seperti yang diketahui bahwa pada tanggal 27 September lalu, Letjen TNI Marinir Suhartono mendapatkan Kep Panglima TNI untuk menempati jabatan baru sebagai Irjen TNI.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses serah terima jabatan itu merupakan bagian dari dinamika organisasi, ada dua hal yang perlu dipedomani yaitu pertama karena kebutuhan organisasi itu sendiri atau juga kepentingan bagi yang bersangkutan dalam rangka pembinaan personel, untuk mendapatkan jabatan sesuai tour of duty dan tour of area, atau juga promosi jabatan yang lebih tinggi. Jadi dua hal itu menjadi acuan proses alih jabatan dari personel TNI AL,” tutur Dankodiklatal.

Letjen TNI Marinir yang telah menjabat Dankodiklatal selama satu tahun sembilan bulan mengatakan bahwa, sebagai salah satu Perwira TNI AL yang diberikan kepercayaan pimpinan untuk ikut mencurahkan pikiran dan tenaga dalam rangka membentuk prajurit-prajurit matra laut, prajurit-prajurit petarung yang handal, karena disinilah tempatnya kita membina, menggodok prajurit-prajurit yang berawal dari sipil untuk menjadi prajurit yang handal dalam penugasan.

ads

“Itu bukan tugas yang ringan untuk merubah mindset seseorang dari sipil menjadi tentara. Namun demikian saya tidak bekerja sendiri tetapi dibantu oleh saudara-saudara khususnya di Lemdik, mulai di Puslatdiksarmil hingga ke Kodik-Kodik, dan banyak hal yang harus dibenahi di lembaga ini dari seluruh komponen pendidikan, satu persatu kita evaluasi dan benahi, sehingga bisa melahirkan prajurit-prajurit yang profesional, modern dan tangguh,” ungkap Dankodiklatal.

Sebelum menutup pengarahannya, sebagai manusia tentunya tidak ada yang sempurna, oleh karena itu Letjen TNI Marinir Suhartono beserta keluarga memohon maaf selama memimpin ada perilaku, ucapan dan tindakan yang tidak tepat dihadapan para prajurit dan PNS Kodiklatal. Sekali lagi saya berterima kasih kepada seluruh anggota Kodiklatal baik militernya maupun PNS, dan Jalasenastri, juga kepada para siswa yang telah mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di Lembaga ini.

“Saya beserta keluarga mohon pamit dan undur diri, karena harus melaksanakan tugas baru di Mabes TNI, tapi yakinlah saya tidak pernah melupakan kalian dan memutuskan silaturahmi, sapa dimanapun nanti bertemu dengan saya, karena sebanyak 3.000 personel di Kodiklatal tentunya saya tidak akan hapal semuanya,” tutup Jenderal berbintang tiga Alumni AAL Angkatan 34.

Sebelumnya ditempat yang berbeda, Dankodiklatal didampingi Pejabat Utama Kodiklatal menyambut kedatangan Dankormar Mayjen TNI Marinir Nur Alamsyah beserta staf yang rencananya pagi ini melaksanakan pembekalan kepada para siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 di Gedung Sudomo Kodiklatal.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!