- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, memuji kekompakan yang luar biasa antar siswa Dikmaba Wanita TNI AD, AU dan AL dengan siswa Diktukba Polwan yang terlihat meski baru beberapa hari menjalani diklat bersama.

Hal tersebut diungkapkan Dankodiklatal saat meninjau sekaligus memberikan pembekalan kepada peserta Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri Tahun 2022 di Sepolwan Polri Jakarta, Rabu (14/12). Hadir mendampingi Dankodiklatal yakni Pati Lemdiklat Polri Irjen Mohamad Asep Syahrudin, serta Kasepolwan Lemdiklat Polri Kombes Pol Ratna Setiawati.

Dankodiklatal menyampaikan jika kekompakan yang ditunjukan para siswa merupakan gambaran soliditas TNI-Polri yang sangat bagus dari awal lembaga pendidikan. Integrasi TNI-Polri yang selama ini didengung-dengungkan dan dilaksanakan pada penugasaan di lapangan, saat ini dimulai lebih dini lagi yakni mulai dari pendidikan setingkat Bintara.

Dankodiklatal lantas mengungkapkan jika Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri 2022 sudah dilaporkannya kepada Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang disambut dengan sangat antusias. Menurutnya kegiatan integrasi pendidikan TNI-Polri yang hanya dilaksanakan selama 1 minggu ini sangatlah kurang. “Karena ini masih merupakan Pilot Project yang masih perlu dievaluasi lagi. Perlu kita Sinkron-kan waktunya antar sesama Lemdik agar waktu pelaksanaan nya bisa lebih lama,” terang Dankodiklatal.

ads

Lebih lanjut Dankodiklatal berharap integrasi TNI-Polri tidak hanya sekedar menjadi jargon bagi kedua pihak. Namun harus diperdalam lagi mengenai pemahaman Sejarah TNI-Polri, dan pemahaman Sejarah tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan segala dinamikanya.

“Dua institusi TNI dan Polri adalah dua komponen bangsa yang tidak bisa di pecah belah dan tidak bisa diprovokasi. Jika nanti ada permasalahan pun di bawah bisa cepat meredam dan menyelesaikan secara individu,” tegas Letjen TNI Marinir Suhartono.

Terkait kegiatan diklat integrasi ini, Dankodiklatal mengungkapkan bahwa hal ini sebagai implementasi kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi semua jenis dan jenjang pendidikan TNI-Polri. “ Saya selaku Dankodiklatal atas perintah Bapak Kasal bersama dengan Kalemdiklat Polri atas perintah Kapolri, sudah melaksanakan PKS (Perjanjian Kerja Sama) di Bidang Pendidikan, dan kami sepakat bahwa integrasi TNI-Polri harus ada wujud nyatanya,” pungkas Letjen TNI Marinir Suhartono.

Khusus TNI AL, diklat diikuti siswa Dikmaba Angkatan XLII Gelombang 1 dan siswa Diktukba Polri Tahun 2022 di Kodiklatal, SPN Mojokerto dan Sepolwan. Diklat berlangsung dari tanggal 12 hingga 16 Desember 2022. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!