Beranda Breaking News 24 Ribu Pelaku UMKM Grebeg Joyo Mulyo Gunungan Pertama Kali

24 Ribu Pelaku UMKM Grebeg Joyo Mulyo Gunungan Pertama Kali

462
0
- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Acara Grebeg Joyo Mulyo yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Purworejo Minggu (12/8/18) pagi berlangsung meriah. Acara tersebut berlangsung di Alun-alun Purworejo itu diikuti oleh ribuan warga dari berbagai kalangan.

Tidak hanya warga, kegiatan bertema UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat, Tresno Purworejo, Larisi Purworejo, Purworejo Mulyo ini juga dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SE, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat se-Kabupaten Purworejo, lembaga perbankan dan non perbankan, serta para pelaku UMKM.

Rangkaian Grebeg dimulai dengan kirab tumpeng yang diikuti 2 ribu pelaku UMKM Se-kabupaten Purworejo, dari arena Car Free Day (CFD) menuju sisi utara alun-alun. Terdapat puluhan gunungan tumpeng berisi berbagai produk hasil UMKM Purworejo yang diarak secara khusus oleh para laki-laki berbusana adat.

Kepala Dinas KUKMP, Gandi Budi Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian Peringatan Hari UMKM Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus. Kegiatan akbar tersebut telah dipersiapkan oleh pemerintah dan menjadi bagian dari program dinas.

ads

“Dengan ditetapkannya tanggal 12 Agustus sebagai hari UMKM Nasional, maka sesuai program kerja Dinas KUKMP serta rapat pelaku UMKM tanggal 18 Juli 2018 kami menyelenggarakan Peringatan Hari UMKM Nasional 2018,” kata Gandi, Minggu pagi.

Gandi menjelaskan, kegiatan Grebeg tersebut diinisiasi oleh berbagai pihak. Diantaranya Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Kewirausahaan Nasional (DPC GKN) Kabupaten Purworejo, Griya UMKM Kabupaten Purworejo, Bengkel Bisnis Kabupaten Purworejo dan Forum UMKM Purworejo.

Selain Grebeg, lanjut Gandi, peringatan Hari UMKM Nasional juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lain. Rangkaian sejumlah kegiatan tersebut akan dilangsungkan selama bulan Agustus.

“Jadi juga kami adakan saresehan pengembangan ekonomi kreatif, seminar kreatifitas packing kemasan dan workshop peningkatan kualitas SDM pasca magang,” jelas dia.

Dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan tersebut diharapakan dapat mempererat silaturrahim antar UMKM di Kabupaten Purworejo. Selain itu juga untuk membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM sebagai pelaku penting perekonomian.

“Yang terpenting membangkitkan dan menumbuhkembangkan forum UMKM serta mendorong masyarakat untuk mencintai dan membeli produk UMKM Kabupaten Purworejo,” terang Gandi.

Bupati Purworejo, Agus Bastian dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti mengatakan bahwa peringatan Hari UMKM Nasional ke 2 ini sangat penting untuk menumbuhkan motivasi bagi pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

Menurutnya UMKM memiliki peran strategis dalam dinamika pertumbuhan ekonomi lokal, regional maupun nasional. Sehingga, lanjut Agus, pemerintah akan terus memberikan dukungan untuk terus menumbuhkembangkan dan memajukan UMKM di Purworejo.

“Karena tumbuhkembang perekonomian Purworejo tidak lepas dari tumbuhkembangnya UMKM Purworejo itu sendiri. UMKM berdaya, Purworejo Berjaya,” ucapnya.

Kegiatan Grebeg Joyo Mulyo itu sendiri ditutup dengan senam massal di sisi utara Alun-alun Purworejo dan dilanjutkan dengan pembagian ratudan doorprize. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!