918 Petugas Sensus Penduduk Dirapid Tes

0
438
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Sebelum melaksanakan tugasnya pada 1 hingga 15 September mendatang, 918 petugas sensus penduduk menjalani rapid tes.

Rapid tes ratusan petugas sensus penduduk dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam Kendal di Gedung Dakwah Muhammadiyah.

Sebelum dirapid tes, pihak rumah sakit terlebih dahulu melakukan pengarahan kepada ratusan petugas sensus.

Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal Umi Astuti mengatakan, rapid tes bagi petugas sensus digelar selama tiga hari. Setiap hari akan diikuti sekitar tiga ratusan petugas sensus.

“Jika ada yang reaktif, maka petugas akan segera diganti dan diserahkan kepada tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Kendal,” kata Umi Astuti, rabu (26/8/2020).

ads

Dikatakan Umi, rapid tes bagi petugas sensus sangat penting. Sebagai petugas yang langsung bersentuhan dengan banyak warga di tengah pandemi covid-19, menurutnya harus benar-benar dinyatakan sehat.

“Pemeriksaan kesehatan dalam rapid tes kali ini juga lebih komplit. Sebelum dirapid tes, petugas sensus terlebih dahulu dicek tekanan darahnya dan ditanya tentang riwayat kesehatannya,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, dalam pelaksanaan rapid tes, setiap ruangan didampingi seorang dokter yang memeriksa kesehatan petugas sensus, termasuk memeriksa detak jantung para petugas sensus.

Sementara itu, Direktur RSI Kendal Suhadi mengatakan, semua hasil rapid tes yang digelar selama tiga hari akan langsung diserahkan kepada BPS Kendal.

“Semua nanti langsung kita berikan hasilnya, baik yang reaktif maupun yang Non-reaktif,” ungkapnya.

Ida salah satu petugas sensus yang mengikuti rapid tes mengatakan, sebagai petugas sensus yang langsung bersentuhan dengan banyak orang akan lebih percaya diri dalam menjalankan tugasnya jika dinyatakan sehat setelah menjalani rapid tes.

Pelaksanaan rapid tes bagi petugas sensus penduduk digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Para petugas sensus sebelum masuk keruangan rapid tes terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya, cuci tangan pakai sabun dan wajib memakai masker. Sedangkan petugas kesehatan dari RSI Kendal juga terlihat menggunakan alat pelindung diri lengkap.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!