- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bayu Puspito, mahasiswa semester 5 Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dipercaya memimpin Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) UMP masa bakti 2018-2019 menggantikan Ketua sebelumnya, Akhmad Komarudin. Bayu bersama pengurus lainnya dilantik oleh Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) HIPMI Purworejo, Gojali Muchtar, di Ruang Seminar UMP, Kamis (20/12).

Pelantikan dirangkai dengan kegiatan Seminar bertajuk Gerakan Seribu Wirausaha Di kalangan Mahasiswa, menghadirkan pemateri Ketua BPD HIPMI Jawa Tengah, Billy Dahlan, yang juga Chief Executive Officer (CEO) Dafam Group. Seminar diikuti mahasiswa UMP dan beberapa kampus lain di Purworejo, antara lain Akper Pemkab, STIE Rajawali, Polsa, dan Akbid Bakti Putra Bangsa.

“Melalui seminar ini kita berusaha menumbuhkan semangat berwirausaha. Ciri generasi melenial itu antara lain memiliki kepercayaan diri, kreativitas tinggi, dan jaringan luas. Ini juga adalah ciri enterpreneur,” kata Ketua Panitia Pelantikan dan Seminar, Arif Syarifudin.

Ahmad Komarudin menyebut, sejak 25 mei 2017 HIPMI PT UMP dibentuk, sejumlah program kerja baru difokuskan untuk penguatan kapasitas internal organisasi. Pada periode kepengurusan kedua ini, dirinya berharap HIPMI PT UMP dapat lebih eksis menjalankan roda organisasi dengan kegiatan-kegiatan eksternal yang memberikan manfaat secara luas, khususnya bagi mahasiswa.

ads

“Pada periode kedua ini, mari kita ajak mahasiswa di Purworejo untuk bergerak, membangun kemandirian perekonomian. Dengan gerakan seribu wirausaha di kalangan mahasiswa diharapkan bisa memotivasi teman-teman yang ingin bergerak di dunia Wirausaha bersama HIPMI PT,” katanya.

Bayu Puspito menyampaikan kesiapannya untuk menjalankan roda organisasi. Menurutnya, HIPMI PT merupakan wadah untuk mengembangkan kewirausahaan bagi para mahasiswa.

“Saya yakin pemuda yang mau berjuang akan dikaruniai kesuksesan,” tegasnya.

Ketua Umum BPC HIPMI Purworejo, Gojali Muchtar menyatakan bahwa pihaknya siap bersinergi, membantu dan menjadi sponsor HIPMI PT untuk merealisasikan program-program kerja setahun ke depan. Ia berpesan agar mahasiswa ketika lulus harus siap menjadi wirausahawan muda, bukan berpola pikir ketika lulus menjadi PNS.

“Jika ingin menjadi orangsukses, kumpul dengan barisan orang sukses. Jika ingin jadi pengusaha, kumpul dengan barisan pengusaha. Jadikan HIPMI PT wadah pembelajaran agar setelah lulus siap jadi wirausahawan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMP, Istiqo Agus Wicaksono SP MSc, mengungkapkan bahwa setiap tahunnya ada program kreativitas bagi mahasiswa di UMP. Keberadaan HIPMI PT diharapkan dapat menjadi wadah lanjutan bagi para mahasiswa yang aktif dalam program tersebut.

“Alumni-alumni dari program kreativitas mahasiswa ini bisa menampung sehingga tetap ada link dan tetap eksis berwirausaha. Selepas diwisuda mereka dapat mengembangakan bisnisnya,” ungkapnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!