- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Antisipasi terjadi bencana alam tanah longsor, Polres Magelang Polda Jateng berencana menggandeng BPBD untuk menanam tanaman Vetiver.

“Dengan tanaman Vetiver ini bertujuan guna mengikat akar tanah dan mencegah erosi tanah, guna mencegah terjadinya longsor,” terang Kapolres.

Demikian Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso SH,SIK,M.Si, dalam siaran pers dengan Wartawan, selesai penanaman pohon penghijauan di belakang Mapolres Magelang, Jumat (10/1/2020).

“Untuk tempat penanaman kami masih koordinasi dari BPBD yang sedang melakukan survai guna menetukan lokasinya,” imbuhnya.

Nantinya kami juga melibatkan Bhabinkamtibmas, untuk bersama dengan Babinsa, dan Kepala Desa, melakukan pemantauan lokasi mana yang rawan bencana longsor, kemudian untuk ditanami tanaman Veriver,“ jelas Pungky.

ads

Menurut Kapolres Magelang bahwa dalam penanganan bencana pihaknya bersama BPBD Kabupaten Magelang pertama-tama menentukan tempat posko, dan kemarin sudah melaksanakan rapat koordinasi kaitannya penanggulangan bencana kemungkinan Posko berada di kantor BPBD.

“Kami juga akan menyamakan frefeksi alat komunikasi, sehingga apabila BPBD meminta bantuan kejadian bencana, kami akan lebih cepat dan tidak memerlukan waktu lama, mengingat kami mempunyai anggota banyak serta perlengkapannya,” tegasnya.

Dalam penanganan bencana ini kami juga masih mempelajari SOP yang ada, karena kami melihat di Kabupaten Magelang luar biasa, pemerintah daerah sangat aktif bisa membuat sistim pencegahan penanggulangan bencana alam, sehingga bilamana terjadi bencana kami dalam aksinya tidak memerlukan waktu yang lama,” pungkasnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!