- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pengurus Pewarta Purworejo Periode Tahun 2023-2026 menjalani pengukuhan di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Rabu (22/11) malam. Dengan kepengurusan sah yang baru tersebut, Pewarta Purworejo bertekat untuk mewujudkan kemartabatan pers dan Purworejo yang demokratis dan berdaulat.

Prosesi Pengukuhan dilakukan oleh Plt. Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, ditandai dengan pengucapan kata-kata pengukuhan. Hadir antara lain Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi, bersama jajaran Forkopimda, para kepala OPD, Camat, Ketua KPU Jarot Sarwosambodo, Anggota Bawaslu Rinto Hariyadi, para Direktur Perumda, pimpinan lembaga, ketua organisasi, serta wartawan dari berbagai media dan perwakilan organisasi wartawan.

Berdasarkan surat keputusan (SK) Pewarta Purworejo Nomor: 001.PW.A-1.IX.2023 diketahui, ada sebanyak 26 pengurus Perwata Purworejo pada masa bakti 2023-2026. Mereka yakni Ketua Dewan Penasihat Hantoro Wibowo (Kompas TV), Anggota Dewan Penasihat Aris Himawan (Suara Merdeka), Eko Mulyanto (Bagelen Chanel) dan Bambang Yosodipuro (Mitra Pos). Kemudian Ketua Pewarta Purworejo F Daniel Raja Here (Metro Times), Wakil Ketua Lukman Khakim (Magelang Ekspres), Sekretaris Bayu Apriliano (Kompas.com), Wakil Sekretaris Hafidz Kurnia (Suara Merdeka), Bendahara Sujono (Koran Juri), Wakil Bendahara Rasikun (Rakyat Merdeka).

Berikutnya, Ketua Bidang (Kabid) Organisasi Ahmad Mukti Ali (Sorot Purworejo), Anggota Muhamad Anshori (Sorot Purworejo), Kabid Advokasi Pambudi Nuggroho (Seputar Purworejo), Anggota Arif GAM (Reviens.com), Kabid Usaha Dana dan Kerja Sama Yudia Setiandini (Purworejo News) Anggota Joe Hartoyo (MNC Group), Kabid Kesejahteraan Widarto (Purworejo 24), Anggota Wahyu Nur Asmani (Koran Bernas) dan Sudarmono Wawan (Pelita.co).

Selanjutnya Kabid Pendidikan Eko Sutopo (Purworejo Ekspres), Anggota Rinto Heksantoro (detik.com) dan Agus Purwanto (Radio Elshinta), Kabid Komunikasi Hendri Utomo (Radar Jogja), Anggota Budi Agung Jatmiko (e Purworejo), Mahestya Andi Sanjaya (Bagelen Channel), dan Andi Susanto (Kebumen Ekspres).

ads

Dalam sambutannya, Ketua Pewarta Purworejo F Daniel Raja Here, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pewarta Purworejo merupakan sebuah organisasi yang bersifat paguyuban dengan anggota wartawan dari berbagai media dan organisasi wartawan. Karena itu, dirinya bertekad untuk menjadikan Pewarta Purworejo sebagai wadah geguyuban atau persatuan bagi para wartawan.

“Pewarta Purworejo bukan sebuah organisasi yang kaku, tetapi juga tidak terlalu lentur. Kami terbuka bagi semua wartawan untuk bergabung menjadi anggota, tetapi demi tertibnya organisasi, ada mekanisme yang harus ditaati. Hal itu sekaligus untuk mendukung kepengurusan Pewarta Purworejo 3 tahun ke depan dengan visi Mewujudkan Wartawan Purworejo yang Independen, Profesional, Solid, dan Bermartabat,” katanya.

Diungkapkan, pada era digital saat ini, pola penyebaran informasi bohong atau hoaks melalui media sosial (Medos) berpotensi terus berkembang. Tidak terkecuali hoaks Pemilu. Karena itu, peran media massa yang memiliki fungsi pengawasan, informasi, interpretasi, transmisi nilai, pendidikan, dan hiburan perlu diperkuat.

Relevan dengan itu, Pengukuhan Pengurus sengaja mengangkat tema “Pers Bermatabat, Purworejo Demokratis dan Berdaulat”. Ini sekaligus menjadi komitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder kepemiluan dalam mendukung dan mengawal suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Purworejo.

“Semoga, kehadiran Pewarta Purworejo dapat terus memberikan manfaat dan pada akhirnya kemartabatan pers akan mewujudkan Purworejo yang demokratis dan berdaulat dalam segala bidang,” ungkapnya.

Plt Bupati Purworejo mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkannya Pengurus Pewarta Purworejo. Pihaknya berharap Pewarta Purworejo semakin solid dan tak henti mendukung pembangunan Kabupaten Purworejo di segala bidang.

Menurutnya, betapa penting dan strategisnya keberadaan pers atau media massa dalam pembangunan, terutama untuk mencerdaskan masyarakat serta menjadi alat kontrol sosial yang efektif. Sehingga tidak berlebihan apabila lembaga pers dijuluki sebagai pilar keempat demokrasi selain eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Relevan dengan hal tersebut, saya mengajak insan pers di Kabupaten Purworejo utamanya yang tergabung dalam wadah Pewarta Purworejo, untuk meningkatkan kerja sama yang baik, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat,” terangnya.

Kerjasama yang baik, lanjutnya, bukan berarti meniadakan saran dan masukan, melainkan dengan berbagai saran dan masukan yang sifatnya membangun. Hal itu justru diharapkan akan semakin meningkatkan kemajuan.

Diharapkan pers selalu bijak dalam menyampaikan informasi, kreatif, edukatif, bermartabat, serta menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan. Dalam menyajikan berita hendaknya mengedepankan pembelajaran publik untuk perbaikan bersama dan ikut mendorong terwujudnya partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Sebagai paguyuban wartawan yang bertugas di Kabupaten Purworejo sudah selayaknya terus kompak dan bersatu agar mampu melahirkan program-program berkualitas bagi anggotanya,” tegas Yuli Hastuti.

Kendati dikemas secara sederhana, pengukuhan berlangsung penuh makna dengan hadirnya jajaran eksekutif dan legislatif, perangkat daerah hingga tingkat kecamatan serta para mitra kerja Pewarta. Acara pengukuhan semakin hidup dengan adanya Orasi Pers oleh Aris Himawan, penampilan “Tari Wungu” Sanggar Mahardika, dan sajian musik Diva Netra Irama Band.

Ketua Panitia Pengukuhan, Akhmad Mukti Ali, menyebut pengukuhan merupakan kelanjutan dari Musyawarah Pewarta Purworejo pada 16 September 2023 lalu yang dilaksanakan secara demokratis. Selain memilih ketua, forum musyawarah juga berhasil mengamendemen sekaligus menetapkan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD PRT).
Acara pengukuhan, lanjutnya, akan dirangkai dengan bakti sosial berupa santuanan anak yatim dan pemberian paket sembako dalam waktu dekat.

“Acara ini dapat terselenggara dengan baik atas dukungan dan kerja sama dari banyak pihak. Karena itu, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya,” katanya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!