- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Poster bergambar Bung Karno mengendarai sepeda motor trail dengan latar belakang lambang Pancasila dan garuda dinobatkan menjadi juara pertama dalam Lomba Desain Ilustrasi yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo. Desain karya Evan Yulianto, warga Dusun Tegalsari Kelurahan/Kecamatan Purworejo, itu berhasil menyisihkan belasan karya lain yang juga mengusung tema “Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila Gotong Royong Hadapi Covid-19”.

Penyerahan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan dilakukan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, bersama Sekretaris DPC Edi Sugiarto, di kantor DPC setempat, Senin (6/7) sore. Selain Evan Yulianto, penghargaan juga diberikan kepada juara 2, 3, dan harapan. Masing-masing secara berurutan yakni Muhammad Rizky, Arini Mukti Widyastiti, dan Ragil Adi Santoso.

Dion Agasi menyebut, Lomba Desain Ilustrasi menjadi rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDI Perjuangan selama bulan Juni. Adanya lomba ini diharapkan mampu membangkitkan semangat genarasi muda atau millennial untuk mengenal dan belajar lebih jauh tentang sosok Bung Karno serta ideology Pancasila yang digagas oleh Bung Karno.

“Lomba ini kita gelar selama sebulan penuh dan pengumumannya sudah kita lakukan pada 30 Juni lalu, hari ini hanya penyerahan penghargaan,” sebutnya.

Diungkapkan, bulan Juni menjadi Bulan Bung Karno karena 1 Juni merupakan hari lahir Pancasila yang digali oleh Bung Karno. Selanjutnya 6 Juni merupakan hari lahir Bung Karno dan 21 Juni merupakan hari wafatnya Bung Karno.

ads

Menurutnya, lomba bertema serupa secara serentak digelar oleh seluruh DPC kabupaten/kota se-Indonesia, tetapi dengan jenis lomba yang berbeda-beda. DPC PDIP Purworejo sengaja menggelar lomba dengan pertimbangan rata-rata desainer saat ini berasal dari kalangan muda.

“Kita ingin memunculkan bibit-bibit muda potensial Purworejo yang mampu meneladani Bung Karno dan memahami Pancasila,” ungkapnya.

Melihat hasil desain para peserta, Dion mengaku kagum dan bangga mengingat hampir seluruhnya memiliki nilai kreativitas tinggi dan sarat makna.

“Hasil karya bisa dilihat di media sosial kita. Para peserta ini sangat kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Evan Yulianto sebagai pemenang pertama mengaku memilih mendesain poster dengan konsep yang cukup simple. Objek utama Bung Karno mengendari sepeda motor trail dipadu dengan latar belakang Pancasila. Maknanya, Bung Karno adalah sosok yang layak diteladani generasi muda.

“Sedangkan gambar garuda dan lambang Pancasila mengandung makna bahwa apapun kegiatannya, kita harus mengangkat semangat Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!