????????????????????????????????????
- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pedagang sayuran keliling mengeluhkan mahalnya sejumlah harga komoditas sayuran di Kabupaten Purworejo. Mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk menambah modal, sedangkan keuntungan yang diperoleh tetap tidak ada kenaikan.

Pedagang keliling di Desa/Kecamatan Loano Rukun mengungkapkan, kenaikan harga tidak memberi keuntungan lebih bagi pedagang. “Yang ada kami makin tekor, sebab modalnya tambah banyak. Kalau keuntungan tidak ada kenaikan,” ujarnya.

Selain itu,pedagang juga serba salah ketika menjual sayuran dengan harga mahal. Bahkan, pedagang sampai kebingungan ketika hendak menawarkan barang dagangannya kepada calon konsumen.

“Sebab pasti akan dikeluhkan pembeli, mengapa harga sekarang begitu mahal. Pembeli awalnya mengira harga naik itu karena ulah saya, padahal saya hanya mengikuti harga pasar saja,” ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi pada seluruh jenis sayuran. Kenaikan harga menjelang Natal itu, katanya, rata-rata mencapai lima puluh persen.

ads

Namun, Rukun mengaku mendengar informasi apabila harga sayuran mulai turun, meski belum kembali normal seperti sebelum libur Natal dan tahun baru. “Kalau saya berharap harga stabil rendah, sehingga modal cukup dan konsumen senang,” tuturnya.

Ibu rumah tangga di Desa Loano, Astuti menambahkan, lonjakan harga sayuran membebani pengeluaran keluarga. Untuk menekan pengeluaran, ia mengurangi belanja dan memilih memasak sayuran yang tumbuh di kebunnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (Dinas KUKMP) Sri Wahyuningsih mengatakan, kenaikan harga seperti menjadi kebiasaan setiap liburan nasional. “Kenaikan harga beberapa jenis sembako karena meningkatnya permintaan. Kenaikan ini sifatnya nasional, sehingga dinas tidak bisa membantu antisipasi, namun hanya bisa memonitor dan menginformasikan saja. Adapun untuk stok bahan pangan di Purworejo, semuanya aman,” tandasnya. (DNL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!