- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Terkait cuaca yang memasuki musim angin dan hujan yang tidak menentu, Babinsa Koramil 04/Letung Kopda Fian Hendratmo bersama Bhabinkamtibmas Bribda Ahyar melaksanakan Komsos menekanan bahaya melaut pada musim angin utara terhadap warga binaannya di Desa Keramut, Kecamatan Jemaja Barat, Minggu (03/01).

Memasuki musim angin utara, yang terjadi di bulan Desember hingga Januari ini, angin berhembus cukup kencang, yang mengakibatkan gelombang air laut naik secara drastis. Sehingga, kondisi ini sangat membahayakan aktifitas pelayaran, terutama bagi para nelayan tradisional.

Musim angin utara seperti ini, juga terjadi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini menjadi perhatian bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Keramut Kopda Fian Hendratmo melaksanakan Komsos menekankan bahaya melaut pada musim angin utara terhadap masyarakat Desa Keramut, agar tidak terlalu jauh saat mencari ikan, dikarenakan cuaca buruk angin kuat dan gelombang air laut tinggi. Sehingga banyak nelayan di daerah khususnya warga Desa Keramut, yang memilih untuk tidak pergi melaut, dan menaikkan perahu motornya ke bibir pantai, agar tidak dihempas gelombang.

“Komsos ini, dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada para nelayan, tentang bahaya melaut di musim angin utara seperti saat ini. Agar masyarakat tidak pergi melaut pada cuaca ekstrim saat ini, yang dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri,” ujarnya

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan, SH, M.Han menghimbau agar para warga jangan dulu melaut, karena faktor keselamatan. Mengingat saat ini gelombang ait laut masih cukup tinggi.

ads

“Selain melakukan komsos dan himbauan keselamatan di musim angin utara, kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi antar TNI dengan warga,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebijakan dan perintah Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanudin, S.I.P yang disampaikan kepada Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, S.Sos agar selalu memberikan himbauan agar meningkatkan kewaspadaannya dalam mengantisipasi terjadinya musim angin utara yang dapat membahayakan nelayan yang ingin pergi mencari ikan ke laut. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!