Pemberdayaan Ekonomi Dan Pengembangan Seni Budaya Dapat Ditingkatkan Melalui Perpustakaan

0
418
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca atau meminjam buku, tapi fungsinya bisa dikembangkan lagi, seperti pemberdayaan ekonomi atau pengembangan seni budaya dan lainnya.

“Masyarakat selain bisa membaca, kemudian diharapkan bisa membuat inovasi-inovasi yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat buku yang disediakan perpustakaan. Perpustakaan juga menyiapkan pelatihan-pelatihan sesuai kebutuhan masyarakat, seperti kerajinan atau budidaya tanaman dan lainnya,” kata Deni Kurniadi Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional, di Pendopo Kabupaten Kendal, Selasa (26/3).

Dikatakan, untuk menggalakan program perpustakaan berbasis inklusi sosial demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perpustakaan Nasional menggelar program Safari Gerakan Pembudayaan Gemar Membaca di Seluruh Nusantara.

Kegiatan sosialisasi ini mengundang siswa, para pengelola PAUD, guru SD, SMP dan SMA serta para pustakawan.

ads

“Untuk menyukseskan program ini, Perpusnas memberikan program revitalisasi perpustakaan kepada perpustakaan-perpustakaan desa di Indonesia. Selain pelatihan, juga akan diberikan bantuan penunjang, seperti komputer, buku dan sarana penunjang lainnya,” terang Deni.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kendal, Diah Aning Budiarti mengatakan, pihaknya menugaskan perwakilan 6 perpustakaan desa untuk mengikuti pelatihan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diadakan Perpusnas. Yaitu perpustakaan Desa Plososari dan Desa Gedong Kec Patean, Desa Purworejo dan Kedungasri Kec Ringinarum, Desa Galih Kec Gemuh dan Desa Kedungsari Kec Singorojo.

“Keenam desa tersebut merupakan desa terbaik juara lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Kendal,” katanya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!