PT MBG Investasikan Rp 1Triliun Untuk Pabrik Fiber Optik Di KIK

0
582
- iklan atas berita -

Metro Times (Kendal) Melalui pembangunan pabrik fiber optik yang berada di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah, PT Maju Bersama Gemilang (MBG) menginvestasikan dananya sebesar Rp1 triliun.

Pembangunan pabrik fiber optik dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk terus meningkatkan komponen lokal dalam negeri, yang nantinya akan menghadirkan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik lokal maupun ekspor. Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT MBG Frank Wu.

“Peletakan batu pertama pembangunan pabrik fiber optik ini menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia,” katanya.

Di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan pabrik fiber optik PT Maju Bersama Gemilang, di Kawasan Industri Kendal, Kamis (21/3), Frank Wu juga menyampaikan, pembangunan pabrik ini menggunakan struktur permodalan lokal, serta menggandeng pihak asing yang telah perpengalaman. Dengan demikian, diharapkan dapat mempercepat transfer teknologi dan pengetahuan.

“Investasi senilai Rp1 triliun ini termasuk dalam bentuk tanah, bangunan, mesin dan teknologi,” ungkapnya.

ads

Sementara, Direktur PT MBG Akmal Fauzi mengatakan, Pabrik ini nantinya bakal menyerap tenaga kerja mencapai sekitar 600 orang.

“Lokasi pabrik di Kawasan Industri Kendal menempati lahan seluas 6 hektare. Untuk proses pembangunannya ajan dilakukan secara bertahap, dan diperkirakan akan selesai di akhir tahun 2019 untuk tahap pertama dan dalam jangka waktu 4 tahun ke depan dapat terselesaikan penuh,” terangnya.

Berdasarkan kapasitas produksi yang dihasilkan, lanjutnya, PT MBG akan menjadi Pabrik Fiber Optic Cable System terbesar di Asia Tenggara. Keberadaan pabrik di Kendal ini juga diharapkan dapat memberikan penghematan devisa yang cukup banyak bagi negara, serta mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya Submarine Cable.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang siap untuk memasuki industri 4.0 dan berkembang dalam perekonomian nasional, serta siap bersaing dalam ekonomi global. Pencapaian perusahaan dalam memproduksi Fiber Optic Cable System diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam program pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, sekaligus membuka lapangan kerja baru di daerah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Kendal.

“Seiring dengan visi dan misinya, kami pun tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta berbagai instansi, asosiasi dan badan-badan terkait lainnya, agar komitmen perusahaan untuk mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!