- iklan atas berita -

Metro Times, (Purworejo), Sabtu (3/6/17), Puluhan Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Sendangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Selama berpuluhan tahun tidak pernah mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Mereka hanya menggunakan air dari selokan untuk masak dan minum setiap hari.

Menurut penuturan Pak Rambat (47thn) warga Desa Sendangsari RT 03/04, Kecamatan Bener, yang sudah puluhan tahun mengonsumsi air dari selokan atau Irigasi tersebut menjelaskan. Masyarakat sekitar sini sudah berusaha untuk menggali sumur, tetapi tidak bisa mendapatkan air bersih karena tanahnya adalah tanah wadas. Ungkap Pak Rambat.

Lebih lanjut dikatakan Pak Rambat, ada sekitar puluhan KK yang ada di RT 03/04, Desa Sendangsari ini yang mengonsumsi air dari selokan ini. Selain untuk diminum, warga juga menggunakan air selokan ini untuk kebutuhan lainnya, seperti untuk masak nasi, mandi dan untuk mencuci pakian dan sebagainya.

Air Irigasi ini sumbernya adalah dari sungai Bogowonto, apabila musim penghujan tiba, air ini sangat kotor sekali. Karena airnya kotor, maka warga beralih ke air hujan untuk diminum dan masak sehari-sehari selama musim penghujan itu. Tutur Pak Rambat.

ads

Pak Rambat berharap kepada Pemerintah, agar ada kepedulian terhadap kondisi yang mereka alami selama ini. “selama bertahun-tahun kami tidak bisa mengonsumsi air bersih, seperti layaknya masyarakat lainnya pada umumnya. Sudah puluhan tahun, kami hanya bisa mengonsumsi air dari selokan saja.” Jelas Pak Rambat. (DANIEL).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!