- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Menyambut datangnya Romansa Purworejo 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo terus melakukan upaya penataan di berbagai tempat strategis. Sejumlah titik yang kerap dijadikan simbol oleh masyarakat pun disulap menjadi icon menarik.

Setelah sebelumnya melakukan perombakan besar-beasaran terhadap Alun-alun Purworejo, kini pemerintah juga berencana merombak Segitiga Pendowo, Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi. Dimana perempatan yang mempertemukan arah Purworejo, Yogyakarta dan Purwodadi itu akan dibangun patung raksasa ‘Pendowo Limo’.

“Kita akan melakukan penataan di segitiga Pendowo untuk menyambut Romansa Purworejo 2020 juga bandara NYIA, tentunya kota yang paling dekat kan ada di Purworejo,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Suranto, Kamis (30/8/18) siang.

Dia menjelaskan, rencana penataan itu nantinya juga meliputi pembuatan taman yang berada tepat diatas segitiga. Taman tersebut akan menjadi landscape bagi patung lima tokoh pendowo yang bersandingan dengan bangunan pos polisi lalu lintas yang menghadap ke arah jalan raya. dengan anggaran sebesar Rp.1.261,175.000,00.

ads

Terkait penataan, kata Suranto, nantinya juga akan dilakukan pembangunan ulang pos polisi. Dimana guna menyesuaikan konsep dan panambahan icon Purworejo nantinya pos tersebut akan dibangun ulang dengan bentuk buah manggis.

“Sekarang kan disana itu dimanfaatkan untuk menjaga keamanan terhadap traffict, jadi dari model rumah nanti dibuat model manggis tapi di dalamnya peruntukannya tetap untuk pos polisi lalu lintas,” imbuh dia.

Dikatakan, selain penataan segitiga pendowo pemerintah juga akan melakukan penataan pada segitiga pertigaan Bagelen. dengan anggaran sebesar Rp. 559.825.000. Sesuai dengan jadwal yang ada, kedua rencana tersebut akan direalisasikan pada bulan September mendatang.

“Langkah realisasi saat ini sudah sampai pada tahap pemasukan dokumen penawaran kepada pihak penyedia jasa. Mudah-mudahan didapat calon penyedia jasa dan tidak mengalami kemunduran waktu sehingga waktu cukup untuk melaksanakan,” jelas Suranto. 

Dikatakan bahwa adanya rencana penataan merupakan ide dari Bupati Purworejo guna menyongsong Romansa Purworejo 2020 dan dibangunnya bandara NYIA. Nantinya dengan adanya dua icon baru itu diharapakan dapat menarik perhatian para pengunjung yang mendatangi Kabupaten Purworejo.

“Jadi para pendatang yang berkunjung ke Kabupaten Purworejo dapat langsung menikmati iconnya,” tutupnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!