- iklan atas berita -

Metro Times (Kota Magelang) Polres Magelang Kota hingga saat ini terus menggencarkan penindakanan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Hal ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang tertib berlalu lintas.

“ETLE atau tilang elektronik masih berlaku di wilayah Kota Magelang,” ujar Kasat Lantas Polres Magelang Kota, AKP Afiditya Arief Wibowo, saat dijumpai di Mako Satlantas, Jum’at (12/05).

Ia mengungkapkan, dari bulan Januari sampai dengan April 2023 sebanyak 6.770 pelanggar telah direkam dengan ETLE, pelanggar terbanyak didominasi pengendara yang tidak menggunakan helm dan melanggar rambu Lalu Lintas.

“Sedangkan tilang non elektronik yang tidak tercapture dengan ETLE dari bulan Januari sampai dengan April 2023 sebanyak 437 pelanggar,” ucapnya.

AKP Afid menjelaskan, saat ini Polres Magelang Kota menerapkan ETLE statis, ETLE drone, Mobile Sigap, maupun tilang non elektronik untuk menjangkau pelanggaran lalu lintas yang tidak bisa tercakup ETLE.

ads

“Penegakan hukum ini menyasar pelanggaran yang kasat mata dan pengguna jalan yang tidak mematuhi rambu lalu lintas,” imbuh Kasat Lantas.

Penindakan ETLE di Kota Magelang, lanjut AKP Afid, hanya dapat dilakukan oleh 20 petugas yang telah terverifikasi dan terkoneksi langsung Ditlantas Polda Jateng. “Jadi tidak semua anggota Kepolisian dapat melakukan penindakan ETLE,” terangnya.

Afid mengimbau kepada para pengguna jalan agar tertib berlalu lintas, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!