- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) 48 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Purworejo hari ini Jumat (24/5/24) dilantik di Pendapa Bupati Purworejo. Mereka diminta siapkan mental dalam menghapadi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati di Kabupaten Purworejo.

Ketua Bawaslu Purworejo, Purnomosidi dalam sambutannya mengatakan, menjadi Panwaslu Kecamatan setidaknya memiliki tiga modal utama yakni skill, power dan mental.

Menurutnya, semua anggota Panwaslu Kecamatan harus memiliki kemampuan memahami aturan, baik undang-undang, peraturan Bawaslu, peraturan KPU dan aturan lainnnya. Hal ini untuk mewujudkan Pilkada yang berkepastian hukum, dimana semua jajaran pengawas pemilihan sudah menjalankan tugas sesuai dengan regulasi.

“Panwaslu Kecamatan harus memiliki power yakni memiliki daya dobrak menegakan aturan,” sebutnya.

ads

Kemudian Panwaslu Kecamatan harus memiliki mental yang kuat menghadapi tekanan saat menjalankan tugas pengawasan pemilihan. Pasalnya, hajatan pemilihan tekanan politiknya berbeda dengan Pemilu 2024.

“Gesekan politik Pilkada sangat dekat dengan masyarakat sehingga harus diantisipasi agar tidak ada konflik horizontal yang dapat memecah belah persatuan,” katanya lagi.

Kegiatan pelantikan tersebut dihadiri anggota Bawaslu Purworejo yakni Rinto Hariyadi, Siti Dangiatus Sholihah, Widya Astuti, dan Dumadi Tri Restiyanto. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Purworejo Yuli Hastuti dan jajaran Forkopimda Purworejo dan Forkompimcam se- Kabupaten Purworejo.

Dikatakan, sepulang dari kegiatan ini Panwaslu Kecamatan diminta untuk membangun komunikasi dengan para pemangku kebijakan di wilayah kecamatan masing-masing.

“Komunikasi ini penting untuk menyukseskan pengawasan Pilkada 2024,” katanya.

Anggota Bawaslu Purworejo Siti Dangiatus Sholihah mengatakan, 48 anggota Panwaslu Kecamatan terlantik ini terdiri dari 28 existing Panwaslu Kecamatan Pemilu dan 20 orang anggota baru hasil rekrutmen.

”Mereka akan bertugas mengawasi semua tahapan pemilihan serentak 2024,” ujarnya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!