- iklan atas berita -

Metro Times (Kulon Progo) PT. Angkasa Pura (AP) 1 menyiapkan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Bandara YIA Kulonprogo, Yogyakarta. Posko tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Nataru.

GM Bandara YIA, Ruly Artha mengatakan, terkait dengan posko YIA disupport dari seluruh stakeholder, dan instansi pengamanan yang ada di bandara.

“Kami siap terhitung tanggal 19 Desember 2023 – 3 Januari 2024 kami buka posko tepatnya di bandara YIA, jumlah personel, internal sekitar 391 orang dan juga dukungan dari pihak instansi pengamanan sekitar 200, sehingga total pengamanan di bandara sekitar 600 personel,” katanya usai pembukaan posko, Senin (18/12).

Yang pasti, lanjutnya, pihaknya akan memaksimalkan pengamanan di area publik dan juga pengamanan area terminal, juga area dari sisi udara. “Berkat dukungan instansi pemerintah dan pengamanan yang ada di bandara, kami mengaharap bahwasanya kita buat penumpang datang nyaman, aman, dan selamat sampai tempat tujuan,” katanya.

Prediksi penumpang, kata Ruly, setidaknya sekitar 192.592 penumpang akan berada di bandara YIA pada Nataru. “Baik itu datang ataupun terbang. Dan juga kenaikan sekitar 9,32 persen, dibanding tahun 2022. Dimana prediksi peningkatannya dibanding dengan periode Nataru (sebelumnya), itu sekitar 7,03 persen,” sebutnya.

ads

Untuk puncak keramaian, pihaknya membagi menjadi beberapa poin. Pertama adalah terkait kedatangan di YIA kemungkinan akan tertinggi di H-3 Natal, yakni tanggal 22 Desember 2023.

“Berikutnya akan ada peningkatan lagi saat pergantian tahun tanggal 29 Desember 2023, dan 3 Januari 2024, 3 titik puncak itu harus kita antisipasi dan kita sikapi bersama dalam melakukan proses operasional bandara,” jelasnya.

Kenaikan ini, tambahnya, disebabkan cukup panjangnya libur anak sekolah, terhitung sejak 18 Desember 2023 hingga awal Januari 2024. Kemudian mereka mulai aktif kembali pada tanggal 8 Januari 2024.

“Kami melihat itu bisa memberi efek peningkatan penumpang di YIA, bahkan saat ini kita lihat sudah ada trafic luar biasa di area jalan protokol. Extra flight sampai saat ini sudah ada masuk ke kita yaitu Trans Nusa dan Garuda, jumlahnya akan kami sampaikan kemudian, karena update ini per hari, yang jelas rute yang rencana untuk ekstra adalah rute dari Jakarta. untuk Penerbangan internasional sementara masih sesuai dengan jadwal, efek dari wabah Covi-19 sementara tidak memberikan efek apapun untuk penerbangan internasional di YIA,” pungkasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!