- iklan atas berita -

Metro Times (KEBUMEN) Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas lima siswa penerima program beasiswa S1 di Universitas Pertamina, yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen. Pelepasan berlangsung di Pendopo Kabumian, Jumat sore 7 September 2024, para siswa didampingi orangtuanya.

Lima siswa tersebut yakni, Paskarina Alfalahsea dari SMAN 1 Petanahan, Iman Dwi Satrio dari SMK Taman Karya Madya, Oktaviana Nabila Putri dari SMAN 1 Rowokele, Cristofer Panjaitan SMAN 1 Kebumen, dan Radin Sabana Arrigoh dari SMAN 2 Kebumen.

Kepada para siswa yang sudah berhasil mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos mendapat beasiswa dari Pemkab, Bupati menyampaikan selamat. Ia berpesan agar tetap rajin belajar, memanfaatkan peluang ini sebaik-sebaiknya untuk bekal masa depan.

“Kesempatan emas ini jangan sampai disia-siakan. Kalian adalah orang yang beruntung karena sudah mendapatkan baesiswa dari Pemkab. Gunakan kesempatan ini untuk benar-benar mencari ilmu, karena itu yang bisa menjadi bekal kalian dalam meraih sukses,” ucapnya.

ads

Bupati juga berpesan selama kuliah di Pertamina, agar bisa menjaga nama baik Kebumen dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan. Terlebih, kehidupan di Kota Jakarta lebih luas pergaulannya daripada di daerah. “Sama pesan kami jangan lupa ibadah, shalat lima waktu jangan sampai ditinggal,” ucapnya.

Syairi orangtua dari Iman Dwi Satrio menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Bupati dan Pemkab Kebumen atas adanya program beasiswa ini. Karena dengan program ini, anaknya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Program itu tentu sangat menolong kami sebagai rakyat kecil untuk bisa mewujudkan mimpi sang anak. Karena untuk bisa kuliah itu kan membutuhkan biaya yang besar. Apalagi Universitas Pertamina. Alhamdulillah bersyukur kebijakan Bupati yang pertama kali ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Syairi bersama bersama semua orangtua siswa juga menyampaikan bangga dan terimakasih. Ia berharap, program baik ini bisa dilanjutkan dari tahun ke tahun, sehingga bisa lebih banyak lagi membantu masyarakat bawah untuk mewujudkan cita-citanya. “Harapan kami program ini bisa terus dilanjutkan,” ucapnya.

Sementara itu, Cristofer Panjaitan sebagai penerima beasiwa juga menyampaikan hal yang sama, ia mewakili pelajar yang lain menyampaikan terima kasih kepada Bupatu dan Pemkab Kebumen. Ia merasa beruntung mendapat kesempatan emas untuk kuliah di Universitas Pertamina dengan mengambil jurusan Teknik Elektro.

“Perasaan saya merasa senang, bangga dan bersyukur karena bisa menyenangkan hati orangtua. Bagaimana pun orantua selalu mendoakan yang terbaik buat kami. Puji Tuhan, diberikan jalan melalui kebaikan Bapak Bupati untuk memberikan program beasiswa kepada kami,” ujarnya.

Kepala Disdikpora Kebumen, Yanie Giat Setiawan menambahkan, dalam beasiswa ini seluruh biaya perkuliahan ditanggung Pemkab Kebumen. Pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 Miliar untuk pemenuhan kebutuhan kuliah mereka.

“Kita siapkan Rp1 Miliar, satu orangnya Rp200 juta. Jadi biaya kuliah kita tanggung dari Pemkab Kebumen,” ucapnya.

Sebagai informasi, Universitas Pertamina telah melakukan penjaringan kandidat/calon penerima beasiswa untuk warga Kebumen dengan jumlah pendaftar sebanyak 363 pendaftar.

Berdasarkan hasil penjaringan administrasi beasiswa Kabupaten Kebumen didapatkan sebanyak 49 calon penerima beasiswa yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan seleksi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS)

Seleksi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diadakan secara offline di SMPN 1 Kebumen pada 16 Juni 2024, dan Online di Universitas Pertamina pada 19 Juni 2024 diikuti oleh 39 calon peserta.

Berdasarkan hasil seleksi ujian TPS offline dan online yang telah dilaksanakan, didapatkan 21 calon penerima beasiswa untuk melanjutkan seleksi tahap Wawancara.

Seleksi Wawancara dilaksanakan secara online melalui platform Zoom pada tanggal 21 Juni 2024 dengan dihadiri sebanyak 21 peserta. Seleksi wawancara dihadiri 2 Dewan Juri yaitu satu dewan Juri dari Universitas Pertamina dan satunya lagi Dewan Juri dari Pemkab Kebumen.

Berdasarkan hasil penilaian seleksi wawancara dari dewan juri dan hasil ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) yang telah dilaksanakan, finalnya terpilih 5 penerima Beasiswa dari Pemkab Kebumen di Universitas Pertamina.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!