- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena hadir dalam acara cuci Negeri masyarakat Leawari yang diadakan di Negeri Leawari, Kecamatan Leitimur Selatan, pada Jumat (29/12/2023).

Acara ini dihadiri oleh Forkopcap Leitimur Selatan, Pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, Raja Negeri Leawari, dan Kepala Sekolah SDN Leawari.

Dalam sambutannya, Bodewin Wattimena menyampaikan pengakuan dan apresiasi pemerintah terhadap keberadaan kesatuan masyarakat adat di negara ini. Ia menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan kearifan lokal yang dimiliki oleh setiap Negeri adat.

Bodewin menjelaskan bahwa acara cuci Negeri merupakan salah satu ritual adat yang sering dilakukan di Ambon, termasuk di Negeri Soya dan Negeri Leawari. Ritual ini menjadi wujud penghargaan dan penghormatan masyarakat adat terhadap warisan yang ditinggalkan oleh para leluhur.

“Pemerintah kota Ambon memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Negeri-negeri adat,” ujar Bodewin.

ads

Bodewin berharap bahwa ritual-ritual adat seperti ini dapat terus dijaga dan dilestarikan agar dapat menjadi daya tarik pariwisata yang dapat dikembangkan dan dipromosikan ke dunia luar. Ia memberikan contoh Bali, di mana keberadaan ritual-ritual keagamaan dan adat istiadat menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan pariwisata di sana.

Di akhir sambutannya, Bodewin mengucapkan selamat dan sukses kepada Raja Negeri Leawari, badan Saniri Negeri, serta tokoh-tokoh adat atas penyelenggaraan acara cuci Negeri yang telah dilaksanakan. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta dan penghormatan kepada para leluhur yang telah mewariskan nilai-nilai positif bagi Negeri Leawari. Semoga persatuan dan kesatuan antara anak-anak Negeri dapat terus terjaga dan warisan budaya dapat terus berkembang dan dilestarikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!