- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sejumlah mahasiswa dan dosen berprestasi Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mendapat penghargaan atas capaiannya dalam berbagai bidang dalam satu tahun terakhir. Penghargaan diserahkan oleh Rektor UMP, Assoc Prof Dr Teguh Wibowo MPd, pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Milad ke-59 UMP di Ruang Seminar Kampus 3 Sucen, Senin (25/9).

Sejumlah mahasiswa tersebut antara lain Alam Puji Weliang (Prodi PBI), Arman Zufar Hafidh (Prodi PBSI), Dicky Dewa Kurniawan (Prodi Psikologi), Tsalaatsa ‘Ashri Harsandi (Prodi PBSI), dan Rosyid Nazarudi (Prodi PBSI). Mereka yang tergabung dalam kelompok musik Kaluna berhasil menyabet Juara 1 Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional di Univ Tidar pada 31 Mei 2023 dan Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Seni dan Olahraga (Komnas Senior) tahun 2023 yang digelar oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan.

Ada pula 5 mahasiswa lain yang mendapat penghargaan. Masing-masing yakni Rizqi Eka Saputra (Prodi Psikologi) sebagai Juara 2 International Virtual Student Idea Pitching Competition 2023, Nesi Anjani (Prodi Pendidikan Ekonomi) Juara Favorit International Virtual Pitching Competition (IVPC) 2023, Fanny Riyyan Pradana (TI) Juara Favorit International Virtual Student Idea Pitching Competition 2023, Eko Prasetiyo (Agribisnis) peraih Medali Perunggu International Virtual Students` Business Idea and Product Innovation, dan Faizal Fachrurozi (PBI) Juara 4 IVPC 2023.

Sementara para dosen berprestasi penerima penghargaan yakni Susi Widjajani SE MSi (Dosen Pembimbing Prestasi Mahasiswa Terproduktif), Dr Suyitno MPd (Dosen dengan Konsistensi Pencapaian Tridharma), dan Dwi Jatmoko MPd, Ketua Prodi Pendidikan Teknik Otomotif sebagai Prodi Terproduktif dalam Mendapatkan Hibah dari Kemendikbudristek.

Acara Rapat Senat Terbuka dihadiri antara lain Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala LL Dikti Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr Muhammad Samsudin, jajaran PDM, pimpinan PTM, mitra kerja, ketua MKKS SMA, serta dosen dan mahasiswa.

ads

Saat membacakan laporan tahunan, Rektor UMP mengaku bersyukur dan bangga atas sejumlah capaian yang diraih UMP dalam setahun terakhir. Tidak hanya penghargaan dalam berbagai kompetisi, melainkan juga penerimaan hibah dan capaian akreditasi unggul di 2 Prodi, yakni Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Ekonomi.

“Capaian ini akan menjadi pondasi yang mengukuhkan posisi UMP sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Disebutkan, Capaian lain yang patut disyukuri yakni terus meningkatkan penerimaan dana hibah dan beasiswa dari pemerintah. Pada bidang SDM, UMP pada tahun 2023 memiliki 127 dosen yang tersebar di 17 Prodi. Dari jumlah itu, 27 persen atau 35 orang di antaranya berkualifikasi S3 atau doktor dan masih ada 15 dosen yang lanjut studi S3. Selain itu, 95 dosen juga telah bersertifikat pendidik.

“Guna peningkatan kinerja, pada tahun ini akan diberikan tunjangan khusus bagi dosen dengan kualifikasi S3,” sebutnya.

Wakil Sekretaris Majelis Dikti Muhammad Samsudin dalam sambutannya berpesan agar UMP dapat meningkatkan kolaborasi, bukan lagi kompetisi.

“Karena kompetisi itu hasilnya adalah menang kalah, tapi kalau kolaborasi semuanya menang atau win win. Sekarang ini saatnya era kolaborasi bukan kompetisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Milad ke-59, Istiko Agus Wicaksono SP MSc, menjelaskan bahwa Milad ke-59 telah diisi dengan beragam kegiatan dalam beberapa bulan terakhir. Rapat Senat Terbuka juga dirangkai dengan Launching Aplikasi Toefl Lembaga Bahasa serta Radio Surya UMP.

“Banyak rangkaian kegiatan dalam rangka milad ke-59 UM Purworejo ini, mulai dari yang bertaraf internasional, nasional, regional, hingga lokal,” jelasnya.

Untuk kegiatan berskala internasional, ada Internasional on English Teaching Linguistik and Literature 2023 (ICETell). Pada kegiatan berskal nasional ada Workshop Manejemen Sumberdaya Manusia dan Kepariwisataan, Kompetisi Tenis Meja tingkat SMA/sederajat serta omba desain rumah 3D tingkat SMA/sederajat.

“Untuk memeriahkan milad juga ada bazar dan baksos, festival kuliner, serta penyerahan sertifikat halal UMKM. Tahun ini meriah karena banyak kegiatan,” tandasnya. (Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!