- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemungutan suara pada Pemilihan Umum atau Pemilu serentak 14 Februari 2024 semakin dekat. Pada hajatan ini rakyat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPRRI, DPDRI, DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota.

Menjelang hajatan akbar tersebut, Polres Purworejo pada Selasa (17/10/2023) mulai mempersiapkan diri mengecek peralatan serta kendaraan pengamanan yang akan digunakan dalam operasi Mantab Brata. Operasi Mantab Brata merupakan kegiatan Polri dalam rangka pengamanan menjelang hingga saat pelaksanaan Pemilu.

Sebanyak 326 unit kendaraan dinas milik Polres dikeluarkan di halaman Mapolres dalam kegiatan Selasa pagi tadi. Satu-persatu kendaraan tersebut dicek, dari roda dua, roda empat, roda enam hingga kendaraan taktis lainya.

Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo mengecek secara langsung kelayakan kendaraan motor dinas yang dipergunakan para personel di berbagai satuan dan Polsek tersebut. Kapolres ingin seluruh kendaraan pengamanan milik Polres siap saat operasi Mantab Brata digelar.

“Operasi Mantab Brata ini merupakan operasi Kepolisian untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang hingga saat pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024. Kita tahu bahwa pada bulan Oktober 2023 ini tahapan Pemilu semakin padat” kata Kapolres.

ads

Dalam pemeriksaan ini Kapolres menemukan kekurangan pada sejumlah kendaraan dinas yang dipergunakan oleh personel Polres Purworejo. Pasca pengecekan, mulai hari ini kekurangan tersebut akan segera dilengkapi.

Kapolres mengatakan bahwa, seluruh aset kendaraan harus layak serta dapat dioperasikan pada operasi tersebut. Polres Purworejo sepenuhnya mendukung pengamanan pada pesta demokrasi ini.

“Pemilu ini hajatan negara, hajatan rakyat. Polres Purworejo akan bekerja maksimal mewujudkan Purworejo yang aman, Purworejo Mulyo pada pelaksaan Pemilu serentak 2024,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui saat ini KPU sedang melaksnakan tahapan penyusunan daftar calon tetap (DCT) setelah dilakukan pencermatan. Pada 4 November 2024 daftar calon tetap DPRRI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota akan diumumkan. Pada Oktober ini pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden pun akan dimulai.

Selain itu saat ini KPU juga masih berjibaku dengan data pemilih. Sebelumnya daftar pemilih tetap (DPT) telah ditetapkan dan saat ini KPU masih berkoordinasi dengan seluruh jajaran untuk menyusun DPT tambahan atau DPTB.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak 2024, KPU pun terus bergerilya ke komunitas-komunitas. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya sosialisasi sekaligus edukasi terutama bagi para pemilih pemula.(Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!