- iklan atas berita -

Metro Times (Kebumen) Usai kegiatan Pemilu 2024, puluhan petugas Pemilu 2024 yang tersebar di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo mengalami kelelahan usai menjalankan tugasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro menyebut sampai dengan tanggal 17 Februari 2024, di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kebumen diketahui ada sepuluh petugas pemilu yang mengalami sakit. Sepuluh petugas tersebut tersebar di tiga kabupaten yaitu enam petugas di Kabupaten Purworejo, dan masing-masing di Kabupaten Banjarnegara dan Kebumen ada dua petugas. Pihaknya juga memastikan pelayanan kesehatan petugas pemilu tersebut dijamin penuh oleh Program JKN sesuai segmen kepesertaan masing-masing.

“Sepuluh petugas pemilu yang sakit itu dijamin biaya pengobatannya oleh program JKN, karena yang bersangkutan terdaftar dalam program JKN dan status kepesertaannya aktif,” ungkap Dany pada Sabtu (17/02).

Pihaknya juga terus memantau perkembangan setiap waktunya terkait kondisi petugas pemilu pasca penyelenggaraan Pemilu 2024. Koordinasi juga terus dilakukan dengan fasilitas kesehatan baik itu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang nantinya akan memberikan pelayanan kesehatan.

“Kami sudah menjalin koordinasi dengan fasilitas kesehatan, apabila ada kendala bisa langsung disampaikan ke kami. Ada petugas kami yang standby untuk dapat segera menindaklanjuti kendala-kendala yang ditemukan di lapangan,” terang Dany.

ads

Dany pun mengapresiasi peran pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi petugas pemilu. Menurutnya, proses kelancaran penjaminan JKN bagi petugas Pemilu, tidak lepas dari kerjasama dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Daerah yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Daerah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah dan BPJS Kesehatan.

“Apresiasi kepada Pemda, KPU Daerah dan Bawaslu Daerah yang telah memastikan seluruh petugas pemilu terdaftar Program JKN sehingga jika ada petugas pemilu yang sakit, dapat segera mendapatkan akses pelayanan kesehatan,” kata Dany.

Selain itu, Dany juga mengatakan sebelum penyelenggaraan pemilu dilaksanakan, pihaknya bersama stakeholder terkait juga menggalakkan skrining riwayat kesehatan bagi para petugas Pemilu. Hal itu merupakan langkah antisipasi terhadap potensi risiko kesehatan yang mungkin dialami petugas pemilu saat bertugas. Dari hasil skrining riwayat kesehatan tersebut, bagi para petugas pemilu yang diketahui memiliki risiko disarankan agar segera melakukan pemeriksaan ke faskes tingkat pertama dan apabila perlu penanganan selanjutnya dapat dirujuk ke faskes tingkat lanjut (RS/Klinik Utama)

“Skrining riwayat kesehatan ini merupakan salah satu upaya kami bersama stakeholder terkait tentunya, untuk dapat menjamin pelaksanaan pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Dany.

Sasti Febianti (24), salah satu petugas pemilu dari Kabupaten Purworejo yang sempat dirawat di Puskesmas Bragolan merasa sangat bersyukur dirinya telah terdaftar program JKN. Ia juga mengaku merasa puas dengan layanan program JKN selama ia dirawat. Tidak ada diskriminasi ataupun perbedaan pelayanan.  Diketahui, Sasti dirawat di Puskesmas Bragolan Kabupaten Purworejo selama dua hari, mulai dari tanggal 15 Februari 2024 sampai dengan 17 Februari 2024.

“Setelah pemungutan suara, asam lambung saya tiba-tiba kambuh. Tidak lama kemudian saya dibawa ke Puskesmas Bragolan untuk diperiksa. Setelah mendapatkan pemeriksaan, diminta untuk rawat inap. Baru saja tadi siang boleh pulang sama dokter. Pelayanannya juga baik, tidak ada diminta biaya apapun, semuanya gratis. Bersyukur sekali telah terdaftar JKN,” katanya.

Ia pun menyampaikan terimakasih kepada BPJS Kesehatan, Pemda, KPU Daerah, Bawaslu daerah serta instansi terkait lainnya yang telah memastikan dirinya terdaftar pada program JKN. Ia berharap penyelenggaraan pemilu 2024 ini berjalan lancar sampai seluruh tahapan pemilu selesai dilaksanakan.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!