- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Sekitar 4 rumah dan 2 unit kios Kawasan Bima Benteng Atas Jln. Gajah Bentas RT 002 RW 01 Kelurahan Benteng Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, ludes dilalap api.

Kejadian kebakaran terjadi Jumat (15/12/2023) sekitar pukul 11.00 wit.
Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease IPDA, Janete S Luhukay menjelaskan, dari keterangan saksi Julius Apolo Ritho (54) manyampaikan awalnya sekitar pukul 11.00 WIT, saksi yang sementara berada didalam Kios miliknya (Kios Ida), kemudian masyarakat yang melewati Kios Ida menyampaikan kepada Saksi bahwa “Ada Api Di Atas Paling Basar”, setelah itu saksi keluar dari dalam Kios dan melihat api sudah membesar di lantai 2 bekas Kos kosan milik saksi.

Saat melihat hal tersebut saksi meminta pertolongan dari warga sekitar untuk mengevakuasi barang barang berharga dari dalam kios milik saksi dan berusaha untuk memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya.
Namun kobaran api semakin membesar di bekas kos kosan milik saksi tepatnya di lantai 2 dan merembet ke rumah atau kios di sekitar.

Kasi Humas Menyampaikan, sebanyak 4 unit Mobil Pemadam Kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman api yang dibantu Personil Polsek Nusaniwe dan warga di sekitar TKP.
“Personil Piket Polsek Nusaniwe yang dipimpin oleh Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan Anakotta tiba di TKP dan langsung membantu warga setempat untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya serta melakukan evakuasi barang – barang berharga dari Kios Billi dan Kios Ida,” jelas Kasi Humas.
Api berhasil kemudian berhasil dipadamkan.

Namun dari kejadian itu dua Unit Kios yang hangus terbakar, yaitu Kios Ida milik Julius Apolo Ritho yang berisikan barang – barang bahan pokok dan 1 (satu) unit Kulkas hangus terbakar, Kios Billi milik Ny. Emilia Ritho yang berisikan barang – barang bahan pokok hangus terbakar.
Selanjutnya, 4 unit rumah yang hangus terbakar, yaitu rumah Kos – kosan milik Julius Apolo Ritho yang berisikan, 6 unit kendaraan roda dua milik Julius Apolo Ritho hangus terbakar dan Stok Barang – barang sembako hangus terbakar.
Selanjutnya Rumah milik Ny. Emilia Ritho yang berisikan alat – alat rumah tangga hangus terbakar, Rumah milik Marthen Ritho yang berisikan barang barang sembako dan alat – alat rumah tangga hangus terbakar dan rumah milik Erwin Gondeng yang berisikan beberapa perabot rumah tangga dan 1 (satu) unit Sound Sistem hangus terbakar.

ads

“Dari kerugian Materil tersebut diperkirakan total kerugian berkisar Rp. 1.000.000.000,” tandas kasi Humas.
Kasi Humas menambahkan sehubungan dengan adanya peristiwa kebakaran tersebut yang diperkirakan akibat dari Kosleting arus listrik apabila pihak terkait dalam hal ini pihak PLN maupun penghuni rumah lalai dalam melakukan pengecekan arus / aliran listrik secara rutin maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal serupa yang dapat menimbulkan korban jiwa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!