- iklan atas berita -


Metro Times (Purworejo) Pewarta berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Bank Jateng Cabang Purworejo menggelar aksi kepedulian berupa pembagian paket sembako serta santunan anak yatim di sejumlah wilayah, Jumat (15/12/2023. Selain untuk meringankan beban sebagian masyarakat, kolaborasi kali ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap pengembangan produk UMKM lokal mengingat sebagian bantuan yang disalurkan merupakan produk UMKM Purworejo.

Penyaluran puluhan paket bantuan dan santunan secara langsung dilakukan oleh Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, bersama Ketua Pewarta Purworejo, F Daniel Raja Here, dan perwakilan Bank Jateng Cabang Purworejo di dua lokasi. Lokasi pertama yakni Kepada sejumlah warga di Dusun Sembuh Desa Kebon Gunung Kecamatan Loano. Penyerahan berlanjut di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Muhammadiyah Kaligesing.

Turut mendampingi dalam penyerahan tersebut antara lain Staf Ahli Bupati Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan politik Triwahyuni Wulansari AP MAP, Asisten Sekda III Nancy Megawati Hadisusilo MM, Kepala Dinas Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kabag Kesra Drs Fatturokhman MM, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos, Camat Loano Andang Nugerahatara S SSTP MSi, dan para pengurus Pewarta Purworejo. Sementara sejumlah paket bantuan diserahkan oleh perwakilan pengurus Pewarta Purworejo kepada anak yatim dan dhuafa, antara lain di wilayah Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip.

Ketua Pewarta Purworejo menyebut aksi sosial kali ini menjadi program kerja bidang sosial dan kerja sama yakni Pers Bermanfaat bagi Masyarakat sekaligus menjadi tindak lanjut Pengukuhan Pengurus Pewarta Purworejo Periode Tahun 2023-2026.

“Kolaborasi yang kita bangun ini bertujuan untuk turut meringankan beban sebagian masyarakat, khususnya menjelang peringatan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang memnag biasanya harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan,” kata Daniel.

ads

Berbeda dari aksi kepedulian biasanya, kali ini sebagian isi dari paket bantuan yang disalurkan merupakan produk-produk UMKM lokal Purworejo, seperti beras, kecap, kopi, dan makanan olahan khas Purworejo. Hal itu selaras dengan tema yang diangkat yakni Kolaborasi Berbagi, Dukung UMKM Naik Kelas dan Berkembang.

“Memang jumlahnya tidak seberapa dan belum semuanya produk lokal Purworejo, tapi setidaknya ini menjadi bentuk dukungan sekaligus ajakan bagi masyarakat untuk turut nglarisi produk UMKM Purworejo,” ungkapnya.

Bupati Purworejo mengatakan, kegiatan ini selaras dengan program pemerintahan yang akan dijalankan ke depan, yakni mengentaskan kemiskinan.

“Program tersebut dijalankan untuk menyelesaikan visi misi yang belum tuntas,” kata Yuli saat penyerahan bantuan di Dusun Sembuh, Deaa Kebon Gunung Kecamatan Loano.

Pihaknya berharap, kegiatan bakti sosial ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bupati juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjalankan kegiatan serupa guna membantu pengentasan kemiskinan.

“Ini tanda tresna (tanda sayang) pemerintahh kepada masyarakat, semoga bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Asrama Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Muhammadiyah Kaligesing, Hj Arifatul Aeni menyampaikan apresiasinya terhadap aksi kolaborasi antara Pewarta Purworejo dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Bank Jateng Cabang.

Menurutnya, perhatian yang diberikan sekaligus menguatkan persepsi masyarakat bahwa pers atau media tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat menyangkut soal pemberitaan. Lebih dari itu, pers dengan segala potensinya dapat menjadi motor penggerak kepedulian dan kemanusiaan.

“Alhamdulillah, Barakallah. Kami sangat berteirima kasih. Rasa terima kasih kami tak terhingga, tidak kami sangka kalau Ibu Bupati satu rombongan berkunjung ke sini. Semoga menjadi berkah bagi Ibu Bupati satu rombongan dan berkah bagi anak-anak panti asuhan di sini,” katanya. (Ahsan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!