- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Sorong ) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) dan Pertamina EP Zona 14 Papua Field (PEP Papua) yang merupakan bagian dari Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina melakukan tajak sumur eksplorasi Buah Merah (BMR)-001 yang berlokasi di Distrik Klasafet, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, pada Senin, 29 April 2024.

Sumur BMR-001 akan dibor secara berarah (directional) menggunakan BMS#01 Land Rig berkekuatan (750 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur 455 meter measured depth (mMD) dan durasi pekerjaan ditargetkan selama 49 hari. Pemboran sumur eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas yang terdapat pada Formasi Kais, dengan estimasi cadangan minyak sebesar 11.22 MMBO.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Subagyo dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada, para pemangku kepentingan di daerah (Bapak Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Pj. Bupati Kabupaten Sorong) serta masyarakat pemilik hak ulayat yang selalu mendukung aktivitas hulu migas.

Sejak 15 September 2021, telah dilakukan Proses Pengadaan Tanah dan upacara adat Sumur ekplorasi Buah Merah (BMR-001) bersama pemilik hak Ulayat (marga Idik). SKK Migas-KKKS Pertamina EP membutuhkan waktu 3 tahun lebih dalam komunikasi dan koordinasi bersama PT.HIP (pemilik lahan kepala sawit). Tentu tidak terlepas dari dukungan dan sinergitas dari Pemerintah daerah Provinsi PBD dan Kabupaten Sorong bersama Forkompinda daerah, yang pada hari ini kita dapat melakukan Tajak Sumur BMR-001.

SKK Migas terus mendorong program pengeboran sumur eksplorasi di kawasan timur Indonesia, karena potensi cadangan minyak dan gas besar saat ini berada dikawasan tersebut. Pemboran sumur eksplorasi sumur Buah Merah (BMR-001) di Kepala Burung, adalah dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi minyak dan gas di Papua Barat Daya dalam menemukan sumber cadangan migas untuk menambah produksi dan mendukung pemenuhan kebutuhan nasional,” kata Subagyo.

ads

Subagyo menambahkan kesiapan industri hulu migas untuk mendukung peningkatan cadangan migas nasional melalui pemboran sumur eksplorasi yang lebih masif dan agresif di tahun ini. Target pemboran sumur eksplorasi di wilayah Pamalu tahun 2024 sebanyak 8 sumur.

Selanjutnya Subagyo juga mengingatkan agar dalam menjalankan persiapan dan menerapkan strategi pelaksanaan kegiatan pemboran sumur senantiasa selalu mengedepankan aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L), agar operasional berjalan dengan lancar dan pemboran sumur BMR-001 dapat membuahkan hasil yang baik, sehinga dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan migas secara nasional serta mendukung pencapaian target produksi minyak 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030” Kata Subagyo.

Vice President Exploration Regional Indonesia Timur Dedi Yusmen mengatakan pengeboran eksplorasi ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan cadangan dan upaya memenuhi kebutuhan migas yang semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri di Papua Barat Daya, serta mendukung pencapaian target produksi migas nasional. “Pertamina Regional Indonesia Timur akan terus menjalankan operasi migas yang selamat dan unggul sehingga dapat memberikan kontribusi secara signifikan dan berkelanjutan,” ujar Dedi.

Dedi berharap upaya pengeboran sumur eksplorasi BMR-1 merupakan bagian dari program kerja Pertamina untuk mencapai target perusahaan khususnya Pertamina Sub Holding Upstream Regional Indonesia Timur untuk terus berupaya menemukan cadangan-cadangan migas baru. Ia mengapresiasi dukungan yang diberikan para pemangku kepentingan. “Dengan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, baik forkompimda maupun hak ulayat, aktivitas operasi perusahaan dalam mencari dan memproduksi migas berjalan lancar dan selamat, serta kebutuhan energi di Indonesia dapat terpenuhi,” ujar Dedi.

Hadir dalam acara Tajak sumur Buah Merah (BMR-001), Pj. Gubernur PBD, diwakili Kepala DLHKP PBD Bpk. Julian Kelly Kambu, Pj. Bupati Sorong, diwakili Asisten 1 Setda Kabupaten Sorong Bpk. Adi Bremantyo. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Trasmigrasi dan ESDM PBD, diwakili Bpk. Yacub Su, ST., M.Si. Kepala SKK Migas Perwakilan wilayah Pamalu, Subagyo didampingi Kadep Operasi Haryanto Syafri, Kadep Forkom Galih W. Agustiawan, Koordinasi Operasi Otniel L. Wafom bersama Analisa Senior Forkom Dolmince Karsau, Vice President Exploration Regional Indonesia Timur Dedi Yusmen didampingi FOM Pertamina EP Papua Field Muslim Nugraha dan tim, Kepala ATR/ BPN Kabupaten Sorong, diwakili Kepala Seksi pengendalian dan penanganan Sengketa Bpk. Henry bersama Koordinator Substansi Pengukuran dan Pemetaan Kadestrol Bpk. Ageng., Dandim 1802/Sorong diwakili Kasdim 1802/Sorong, Mayor Inf Wilson. Kapolres Kabupaten Sorong diwakili KabagOps Polres Kabupaten Sorong Kompol Sofyan Efendi, Kapolsek Klamono, Bpk. Ali Sadikin., Kadistrik Klamono, Bpk. Oktovianus Kolin., Kadistrik Klasafet, Ibu Femmy Ketherina Momot., Pemilik Hak ulayat, Bpk. Yosias Idik dan Ibu Meriana Ulimpa, bersama Kepala kampung Klasafet,. Bapak Ustad Ibrahim dan rekan-rekan jurnalis media Sorong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!