- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI AU. Tentara Langit Pangkalan TNI AU Pattimura (Lanud PTM) melalui Sie Operasi dan Latihan Disops mengelar simulasi Latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) guna meningkatkan ketangkasan dan kesiapsiagaan Prajurit dalam penanganan aksi kelompok massa atau Huru Hara, Jelang Pemilu 2024, Ambon Selasa, (13/2/2024).

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Tio Hutapea, S.Sos., M.A.P., beserta Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Mayor Pom Made Oka Dharmayasa, M.Han., mengawasi langsung latihan Simulasi Penanggulangan Huru Hara tersebut yang berlokasi di Main Gate Lanud Pattimura.

Komandan Lanud Pattimura dalam sambutanya saat apel kesiapan Latihan PHH tersebut menegaskan agar seluruh prajurit Tentara Langit bersungguh-sunguh melaksanakan latihan ini, guna meningkatkan ketangkasan dan kesiapsiagaan serta kapabilitas Prajurit Udara dalam mengendalikan dan menangani kelompok massa anarkis yang melakukan Huru Hara.

“Laksanakan latihan dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi serta ikuti Instruksi yang telah diberikan sehingga akan didapatkan kemampuan satuan yg optimal dalam penangulanagn Hura Hara”, tegas mantan Danskadron Udara 4 ini.

Kegiatan latihan PHH kali ini, diikuti oleh seluruh Prajurit Lanud Pattimura, Sie Kesehatan dan Satuan Pertahanan Pangkalan (Sathanlan Lanud) serta melibatkan personel dan Kendaraan Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) AP I Bandara Pattimura dan Instasi Satker terkait lainya yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Operasi. Adapun materi yang dilatihkan meliputi Teori, Proses Negosiasi, Formasi Regu, Pleton dan Kompi PHH, Penyelamatan Korban dan Simulasi Huru Hara dan Pemadaman Kebakaran yg ditimbulkan oleh Massa yang Anarkis.

ads

Simulasi latihan diawali pernyataan protes secara massal karena tidak puas dengan adanya oknum prajurit TNI tidak Netral dalam Pemilu 2024, yang berujung pada aksi Huru Hara di depan Main Gate Lanud Pattimura dan Akses Jalan Menuju Internasional Airport Pattimura, Pasukan PHH dihadapkan pada situasi massa yang anarkis dan berusaha mendesak masuk ke dalam Kesatrian Lanud dan Bandara Pattimura dengan ketangkasan dan kesiapsiagaan pasukan PHH baik perorangan, regu, Peleton dan Kompi dapat menghalau dan mengendalikan massa pada saat kontigensi tersebut.

Latihan PHH ini bertujuan meningkatkan Kapabilitas taktik dan teknik serta kesiapsiagaan Prajurit Udara Lanud Pattimura dalam penanganan Huru Hara serta melatihkan kerjasama dan koordinasi antar prajurit dan dengan komando dalam menangani situasi massa demonstrasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!