- iklan atas berita -

MetroTimes (Surabaya) – Cak Djadi (H.M.Cheng Hoo Djadi Galajapo) Wali Jadab Imam Besar Pelawak Indonesia, mengelar tasyakuran yang ke 58 tahun di masjid Cheng Hoo Surabaya,(8/8/2023).Malam.

Cak Djadi (H.M.Cheng Hoo Djadi Galajapo) menuturkan, saya berharap penceramah agama berhentilah membodohi masyarakat. Karena banyak penceramah yang menyampaikan hal-hal yang tidak benar.

Ia menyampaikan, ada penceramah yang mengatakan, “Pokok Islam mlebu swargo, pokok sholawat mlebu swargo, Akhirnya saya beberapa kali menemukan orang yang tidak benar, seperti maling, pembunuh, yang penting islam, padahal jangankan mengaku Islam, sholat saja dia akan masuk neraka, kalau dia tidak memikirkan menyantuni anak yatim dan fakir miskin. Itu tertera Q.S Al Maun”.

ads

Tapi kenapa ini tidak disampaikan oleh para penceramah, pokoknya yang sholat sudah masuk Surga, tetapi tidak memperhatikan fakir miskin, anak yatim, bila ini tidak diperhatikan kamu akan masuk neraka.

Saya menyatakan dari hasil kajian saya di kitab suci semuanya yang pernah saya baca ribuan buku, saya baca kitab suci semuanya ditentukan oleh sosial budayanya.

“Jadi yang namanya ibadah ritual ditentukan oleh sosial budayanya,” terang Abah Djadi sapaan.

“Ingat, kemuliaan suatu bangsa bukan dilihat atau ditentukan oleh besarnya suatu agama, tetapi ditentukan oleh sosial dan budayanya masyarakat, ini kutipan dari Prof. Kyai Haji Said Aqil Siroj. Sehingga ngaji budaya perlu digaungkan,” ujarnya.

“Saya pribadi yang sebagai penceramah, bicara tentang ini, saya sampai mati saya tetap NU (ndandani umat),” tutupnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!