- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri pembekalan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kepada Perwira Remaja (Paja) Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI AL Angkatan 30 B Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes), bertempat di Auditorium Mabesal Jakarta Timur. Kamis, (14/12/2023).

Paja Dikmapa PK TNI AL Angkatan 30 B Susgakes yang berjumlah 54 orang tersebut, terdiri dari 36 orang putra dan 18 orang putri. Sebelum menerima pembekalan dari orang nomor satu di TNI AL tersebut, Paja Dikmapa PK TNI AL yang tergabung bersama 62 orang Matra Darat dan 18 orang Matra Udara ini, telah melaksanakan Upacara Prasetya Perwira (Praspa) PK TNI Susgakes TA. 2023, yang dipimpin langsung Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Lapangan Tridek Mabes TNI.

Sebagai bekal penugasan Paja Lulusan PA PK TNI Susgakes Angkatan-30 tahun 2023, Kasal menyampaikan bahwa sebagai Perwira Jalasena dalam bidang kesehatan harus peka terhadap perubahan global khususnya bidang Iptek & Revolusi Industri 4.0, menghindari adanya degradasi moral seperti LGBT, Hedonisme, Radikalisme dan Ekstrimisme, siap dalam menghadapi Kompleksitas Tugas, dan memiliki kemampuan deteksi & intelijen.

“Prajurit yang bertanggung jawab untuk mempertahankan dan membela negara, maka resiko yang harus ditanggung sangat besar, bahkan nyawa sebagai pertaruhan. Oleh sebab itu, mutlak harus memegang teguh nilai-nilai luhur perjuangan: Patriotis yaitu mencintai negara lebih dari dirinya sendiri. Rela berkorban (waktu, tenaga, pikiran, jiwa dan raga). Meletakkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, serta mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Trisila TNI AL, Etika Perwira,” tegas Laksamana Muhammad Ali.

ads

Kasal juga menekankan kepada para Paja lulusan Dikmapa PK 30 B Susgakes, agar selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas amanah yang diberikan. Dengan restu orang tua sebagai jalan menuju ridho Tuhan, maka dalam mengemban tugas sehari-hari sebagai perwira yang profesional harus mencintai serta menguasai tugas dan tanggung jawabnya, cepat mengenali lingkungan kerja, perhatikan, lindungi dan jadilah teladan bagi anak buah. Selain itu, bangunlah stigma yang positif dengan perilaku yang baik setiap hari serta menjadi perwira yang selalu dicari dan dibutuhkan, bukan perwira yg ditolak dan dihindari.

“Dalam melaksanakan tugas, bekerjalah dengan sepenuh hati dan rasa ikhlas demi kemanusiaan. Disamping itu juga, berikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan kesehatan para prajurit Jalasena, PNS dan anggota keluarganya tanpa memandang strata kepangkatan dengan memegang prinsip “kepentingan dinas lebih utama dibandingkan kepentingan bisnis,” pesan Kasal kepada para Perwira Remaja yang selanjutnya akan menempuh pendidikan kematraan di Sefung dan Pusdikkes Kodiklatal.

Sebagai lulusan terbaik dari matra laut diraih oleh Letda Laut (K/W) dr. Wira Veronica Sihombing lulusan Universitas Sriwijaya yang lahir di Bogor Tahun 1999. Sedangkan 53 Perwira TNI AL Susgakes lainnya memiliki profesi Dokter Umum, Dokter Gigi, Apoteker, Farmasi, Radiografer, Perawat, Fisika Medis, dan Elektro Medis.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!