Di Kecamatan Gemuh Agen Penyalur BPNT Diberi Pembekalan

0
814
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Pemerintah Kecamatan Gemuh bersama Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) melaksanakan sosialisasi dan edukasi program pemerintah tentang Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada para agen yang menyalurkan bantuan penerima manfaat tahun 2019 di Aula Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rabu (13/3) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Gemuh, Anton Munajat, penanggung jawab (person in charge) untuk PKH dan BPNT Kendal dari Himbara, Tita, serta Febi dan Dani sebagai koordinator BPNT Kecamatan Gemuh dan Ringinarum. Dan diikuti sebanyak 29 orang agen penyalur BPNT dari Kecamatan Gemuh dan Ringinarum.

Kasi Pemberdayaan Kecamatan Gemuh, Anton Munajat mengatakan, BPNT adalah pengganti program raskin (bersa miskin) yang mulai tahun 2018 tidak lagi menerima bantuan dalam bentuk beras, namun dalam bentuk saldo yang hanya bisa dibelanjakan beras dan telur di e-warung.

“Saldo yang diterima tiap bulan harus habis dibelanjakan beras dan telur,” katanya

ads

Sementara itu, Tita selaku person in charge untuk PKH dan BPNT Kendal dalam kegiatan itu mengatakan, BPNT adalah bantuan pangan yang sifatnya natura atau barang diberikan kepada KPM secara bersyarat, dengan cara melakukan belanja di agen bank penyalur dalam hal ini adalah Bank Himbara. Jenis bantuan pangan yang diberikan adalah beras sebanyak 10 Kg dan atau telur.

Ia juga menyampaikan, bahwa bantuan itu diberikan kepada masyarakat yang kondisinsi ekonominya sedang lemah.

“Sasaran penerima manfaat BPNT yaitu keluarga dengan kondisi ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan yang sudah terdaftar di Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (DTPPFM) Kementrian Sosial,” terangnya.

Menurut data di Kecamatan Gemuh penerima BPNT tahun 2019 sebanyak 3.476 warga miskin dan dilayani oleh 15 e-warung. Sedangkan di Kecamatan Ringinarum terdapat 2.955 warga miskin yang menerima BPNT dan dilayani 13 e-warung. (Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!