- iklan atas berita -

METROTIMES, MAYBRAT (PAPUA BARAT) – Berjumlah 400 Mahasiswa yang bergabung dalam Aliansi Mahasiswa Maybrat Se-Nusantara geruduk dan gelar aksi demo damai di Kantor DPRD Kabupaten Maybrat (Gedung KNPI Maybrat), Rabu 22 Juli 2020.

Mahasiswa lakukan longmarch menuju Kantor DPRD Kabupaten Maybrat, Sampai di gedung dewan Maybrat,  mahasiswa melakukan orasi menuntut beberapa poin tuntutan yang diajukan, Aliansi Mahasiwa Maybrat Se-Nusantara juga meminta netralisasi seluruh kebijakan pemerintah Kabupaten Maybrat. “Kami menuntut kepala dinas pendidikan dicopot secepatnya,” pinta korlap aksi. Demontrasi mahasiswa Aliansi Mahasiswa Maybrat se-Nusantara dijaga ketat aparat kepolisian dan Satpol PP.

Aksi demo Aliansi Mahasiswa Maybrat Se-Nusantara sempat sedikit ricuh dengan termakan isu-isu provokatif, tapi berhasil ditenangkan Ketua DPRD Kabupaten Maybrat Ferinado Solosa, SE dan meredam situasi menjadi kondusif, sehingga aksi demo mahasiswa berjalan dengan tertib.

Dalam aksi demo mahasiswa diikuti lebih kurang 400 orang dari Aliansi Mahasiswa Maybrat Se-Nusantara yang mendapat perhatian dari Pemkab Maybrat dan masyarakat setempat. Ketua aksi demo Perturus Kosamah mewakili mahasiswa menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Kabupaten Maybrat dengan poin-poin sebagai berikut :

ads
  1. Meminta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat segera dicopot jabatan
  2. Meminta Pos Danramil Aifat Timur yang mau di bangun segara di cabut
  3. Jalan utama Mare raya Aifat Timur Aitinyo segera Dibangun
  4. Segera membangun Rumah Sakit Umum Kabupaten Maybrat.
  5. Segera membangun Pasar kabupaten Maybrat
  6. Segera Memperioritaskan Pendidikan gratis di Kabupaten Maybrat
  7. Segera Mengaktifkan Kembali Pembayaran Tunggakan Mahasiwa Maybrat yang tersebar di Nusantara yang berstatus semester terkait.
  8. Segera Membangun Asrama mahasiswa Asal Maybrat SE-Nusantara
  9. Segara membentuk perda Maybrat
  10. Mencabut status kantor- kantor yang diluar dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maybrat atau diluar ibu kota Kabupaten Kumurkek
  11. Minta testing pegawai negeri sipil tahun 2019 pada tahun 2020 ini prioritaskan OAP Maybrat.
  12. Aliasi Maybrat Se-Nusantara Minta BPK segera Audit Dana Tahun Anggaran 2018- 2019 dan sekaligus Dana Covid-19 tahun 2020

Setelah dibacakan dua belas  poin tuntutan aspirasi yang di serahkan Kordinator Tim Aliansi Mahasiswa Maybrat Se-Nusantara oleh Perturus Kosamah, aspirasi tuntutan diterima langsung pihak DPRD Kabupaten Maybrat.

Ketua DPRD Kabupaten Maybrat Ferinado Solosa, SE menyampaikan kepada mahasiswa dalam demo Aliansi Mahasiswa Maybrat Se-Nusantara akan membawa 12 poin aspirasi akan dibahas dan diteliti. Apa yang menjadi aspirasi dan tuntutan adek-adek Mahasiswa akan dikoordinasikan dengan pihak pemerintah dalam hal ini bapak Bupati, beberapa hari kedepan atau satu minggu kedepan,  dapat dijawab, ungkap Ketua Dewan Ferinado Solosa.

Ketua DPRD, juga apresiasi Mahasiswa bahwa demo telah berlangsung damai. Ia mengatakan aspirasi mahasiswa telah diterima baik oleh dewan dan Pemkab Maybrat dalam hal ini Bapak Bupati, tapi tidak bisa satu hari dapat direspon, membuat satu keputusan terhadap aspirasi yang disampaikan tidak bisa satu hari, butuh satu kajian dengan proses yang harus dianilisis secara matang.

Sehingga nanti akan disampaikan sesuai harapan adek-adek mahasiswa. “Terimakasih atas kerjasama semua adek-adek mahasiswa, untuk kepentingan, kejayaan dan kemaslahatan kita semua di kabupaten Maybrat yang kita cintai”, Ketua Dewan Ferinado Solosa mengakhiri. (Agus Semunya/HP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!