- iklan atas berita -

Metro Times (Natuna) Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu dan mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah yang levelnya lebih tunggi dan melalui Badan Perncanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar usulan dan alokasi anggaran.

Menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu identik dengan diskusi di masyarakat/desa tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Seperti yang dilaksanakan oleh perangkat pemerintahan Desa Serat Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas dilaksanakan rapat musrenbang desa, Selasa (18/8).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Serat, Babinsa, BPD Desa Serat, Perangkat Desa Serat, perwakilan dari Kecamatan, Kepala Dusun , Ketua RT dan RW se Desa Serat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama , dan warga masyarakat Desa Serat.

Musrenbang ini sendiri membahas perencanaan pembangunan di Desa Serat Kecamatan Siantan Timur KKA.

ads

Babinsa Koramil 02/Tarempa Kodim Natuna Serda Ganda Fitrianto ikut hadir dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

“Sebagai aparat kewilayahan tentunya saya harus tahu dan wajib mengetahui rencana pembangunan di desa masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa yang mungkin hambatan timbul dan langkah-langkah antisipasinya,” ucap Serda Ganda.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan SH M.Han mengatakan bahwa,

“Peran TNI melalui satuan Komando Kewilayahan yakni Koramil adalah salah satu pendukung program percepatan pembangunan di desa sesuai tugas pokok selain perang yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat desa, membantu Pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Dandim.

Kegian ini merupakan kebijakan dari Pangdam I/BB Mayjend TNI Irwansah Ma M.Sc yang disampaikan secara lisan kepada Danrem 033/WP Brigjend TNI Harnoto S.Sos bahwa musrenbang merupakan wadah bagi desa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa itu sendiri dalam melaksanakan pembangunan.

“Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, untuk lingkup Babinsa adalah di desanya masing-masing,” pungkas Pangdam I/BB. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!