- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Status Gunung Merapi yang saat ini mengalami peningkatan aktivitas dengan ditandai terjadinya luncuran magma yang menuju ke arah Sungai Gendol Kabupaten Sleman, menjadikan semua warga untuk tanggap dan siap apabila Gunung Merapi benar-benar erupsi atau meletus.

Pemerintah Kabupaten Magelang bersama seluruh komponen yang ada sudah menyiapkan berbagai langkah guna mengantisipasi apabila terjadi bencana Gunung Merapi.

Pada lingkup Desa Wates, selain mensosialisasikan antisipasi bencana Gunung Merapi juga menyiapkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) guna mengamankan dan memperlancar evakuasi.

Babinsa Wates Serda Agus Susilo memberikan pengarahan tentang langkah dan tindakan terhadap Satlinmas desa setempat. Selain itu juga diberikan pelatihan baris berbaris, Minggu (6/01/19).

Kegiatan tersebut bertujuan agar anggota Linmas siap membantu masyarakat apabila Gunung Merapi benar-benar mengalami erupsi, satuan perlindungan masyarakat harus paham betul dalam penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dalam rangka membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa.

ads

Khusus pada peningkatan disiplin dan jiwa korsa, pelatihan yang diberikan oleh Babinsa meliputi peraturan baris berbaris di tempat seperti jalan ditempat, hadap kanan, hadap kiri, penghormatan dan gerakan lainnya.

“Linmas harus selalu aktif membantu masyarakat dalam menanggulangi dan mengurangi atau meminimalisir korban akibat bencana” terang Serda Agus.

Jumari (46), salah satu anggota Linmas yang mengikuti pelatihan merasa bangga dan sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan pelatihan.

“Kami berharap Linmas Desa Wates menjadi Linmas yang handal terutama dalam membantu masyarakat apabila terjadi bencana, dalam keadaan tidak terjadi bencana, dapat membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, serta kegiatan sosial kemasyarakatan di desa” kata Jumari.

Pada kesempatan terpisah Komandan Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang, Kapten Inf Rahayu menyampaikan setiap Babinsa harus rajin turun ke desa binaannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang kondisi Gunung Merapi.

“Berikan informasi yang betul kepada masyarakat jangan sampai termakan isu yang menyesatkan, untuk itu Babinsa harus selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait” jelas Danramil. (Hbg/Arif).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!