Bupati Kendal Himbau Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Buah Lokal

0
462
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Bupati Kendal Mirna Annisa menghimbau masyarakat untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan lokal. Selain menyehatkan, mengkonsumsi buah lokal dari Kabupaten Kendal juga akan dapat memakmurkan para petani buah.

Hal tersebut diungkapkan saat menghadiri Festival Durian dan Makan Durian Bersama Bupati Kendal, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal, Rabu (27/2) di Taman Desa Selokaton.

Dalam kesempatan itu, Mirna juga memuji salah satu SMK di wilayah tersebut yang turut mengembangkan bidang pertanian dan perkebunan.

Sekolahan tersebut telah mengajarkan siswa-siswinya pada dunia pertanian dan berkebun. Hal itu tentu akan menjadi hal yang poistif bagi anak didiknya sehingga dapat diterapkaan di lingkungan rumahnya,” ucapnya.

ads

Terkait festival durian, Mirna berharap bisa menjadi ajang promosi bahwa di Kendal punya buah durian yang kualitasnya tidak kalah dengan durian yang sudah terkenal, sehingga berdampak positif bagi para petani buah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Tjipto Wahyono, mengatakan, jumlah produksi buah durian di Kabupaten Kendal besar.

“Dalam setahun produksi buah durian di Kabupaten Kendal mencapai 26 ribu ton,” ungkapnya.

Dikatakan, festival durian merupakan kali kedua dan rencananya akan diadakan setiap tahun untuk lebih mengenalkan durian lokal kepada masyarakat.

Adapun durian yang menjadi andalan, yakni durian Merica dan durian Kumbakarno. Pasalnya durian ini merupakan durian yang menjadi buruan dari masyarakat,” terangnya.

Dalam festival tersebut, Durian varietas lokal Merica milik petani durian warga Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, berhasil meraih juara 1, sedangkan durian varietas lokal Cabe Rawit milik petani durian warga Desa Pesaren, Kecamatan Sukorejo peraih juara 2.
Juara ke-3 diraih durian varietas lokal milik petani asal Kecamatan Patean. Juara harapan 1 dan 2 semuanya diraih petani durian dari Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo. Untuk juara harapan 3 diraih petani durian dari Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!