- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) berhasil meraih Juara 2 Lomba Psychointervention dalam Pekan Inovasi Mahasiswa APSI-PTM 2019 di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Keduanya yakni Cahiruniyah H dan Nurika E Trilestari dari program studi (Prodi) Psikologi.

Pekan Inovasi Mahasiswa digelar oleh Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (APSI -PTMA) pada 12 Oktober 2019. Dalam ajang itu ada empat cabang yang dilombakan, yakni Psychophoto, Psychopaper, Psychopaper, dan Psychointervention.

Ketua Prodi Psikologi UM Purworejo, Itsna Iftayani SPdI MA, melalui siaran persnya mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih delegasi UMP. Capaian kali ini membanggakan mengingat UMP harus bersaing dengan belasan PTMA se-Indonesia.

“Kegiatan diikuti oleh 19 PTMA se-Indonesia dan UMP mengirimkan dua mahasiswa untuk mengikuti lomba cabang psychointervention,” sebutnya.

Pihaknya berharap, prestasi yang diraih mampu menjadi motivasi untuk mengikuti kompetisi serupa lainnya. Selain mengasah kemampuan, kompetisi berskala nasional dapat menjadi sarana silaturahmi dan membangun relasi dengan univeritas-universitas yang lain.

ads

Sementara itu, Nurika saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Psychointervention adalah kompetisi mahasiswa dalam merancang suatu upaya untuk membantu mengatasi isu permasalahan yang sesuai dengan tema yang diangkat. Dalam cabang itu, dirinya bersama Cahiruniyah merancang desain intervensi untuk kasus sesuai tema yang diberikan panitia, yakni pada kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada anak.

“Inti desainnya itu melakukan intervensi secara menyeluruh, tidak hanya pada korban, melainkan juga pelaku dan pihak yang terkait, seperti sekolah dan keluarga,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!