Kritik Siswa SMP ke Pemerintah “Pejabat Harus On Time”

0
1077
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Agus Tio Faisal Nizar salah seorang siswa dari SMP Negeri 1 Boja yang berhasil meraih medali perunggu dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPS, diminta oleh Bupati Kendal untuk memberikan kritik kepada pejabat daerah.

Dengan wajah polosnya, Agus Tio Faizal Nizar langsung menjawabnya agar para pejabat lebih disiplin dan tepat waktu.

“Saya minta pejabat harus on time,” jawabnya dalam acara penyerahan beasiswa siswa berprestasi progam Kendal cerdas jenjang SMP di Pendopo Kabupaten Kendal, senin (8/12/2019).

Ia juga menyampaikan kepada bupati bahwa kelak ia ingin menjadi seorang diplomat.

ads

“Saya ingin menjadi diplomat agar bisa mengenalkan budaya bangsa kita ke luar negeri,” ungkapnya.

Agus yang dalam kesempatan tersebut juga menerima bantuan beasiswa sebesar Rp 2.500.000 dari pemerintah kabupaten Kendal mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah memberikan penghargaan kepada para siswa-siswi berprestasi.

“Atas wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah diberikan, pastinya kami lebih semangat dan akan belajar lebih giat lagi,” katanya.

Pemberian beasiswa siswa berprestasi dilakukan untuk meningkatkan mutu dan mendukung peningkatan bakat, minat, dan prestasi peserta didik SMP.

Pemerintah Kabupaten Kendal memberikan beasiswa tersebut kepada 288 siswa-siswi berprestasi dari 41 sekolah SMP di Kabupaten Kendal melalui Program Kendal Cerdas Jenjang SMP.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP., M.Si., mengatakan, pemberian beasiswa siswa berprestasi Program Kendal Cerdas Jenjang SMP dimaksudkan untuk memberikan apresiasi atas prestasi peserta didik yang telah dicapai, dan memberikan motivasi untuk tetap berupaya selalu berprestasi.

Ia juga menjelaskan tujuan pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, pertama adalah untuk memberikan motivasi kepada peserta didik SMP untuk mengembangkan minat dan bakat di bidangnya masing-masing. Kedua, memberikan penghargaan kepada peserta didik SMP yang telah mencapai prestasi dalam perlombaan di bidang akademik maupun non akademik pada tingkat kabupaten, eks karesidenan, provinsi, nasional, dan/atau intemasional. Ketiga, untuk memberikan motivasi kepada peserta didik SMP agar tetap berupaya meraih prestasi dan meningkatkan prestasi, dan yang keempat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik untuk mengembangkan potensi dan prestasi.

“Besaran beasiswa untuk siswa-siswi berprestasi Program Kendal Cerdas Jenjang Sekolah Menengah Pertama yang diberikan bervariasi berdasarkan prestasi yang diraih, dan standarisasi biaya tahun anggaran 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal,” katanya.

Untuk lomba tingkat Kabupaten Kendal/Eks Karesidenan juara 1 hingga juara harapan besarannya mulai Rp 750.000 – 2000.000, lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah Rp 1.500.000 – 3.000.000, lomba tingkat Nasional Rp 2000.000 – 4000.000, dan lomba Internasional Rp 3000.000 – 6000.000 per orang/ regu.

Sementara itu, Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., mengatakan, semoga peserta didik SMP dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi di bidangnya masing-masing untuk terus mengharumkan nama Kabupaten Kendal tercinta.

“Adik-adik harus tahu bahwa Bapak Ibu guru adalah orang tua saat di sekolah, sehinnga harus dijadikan teman curhat, karena orang tua harus bisa menjadi sabat buat anak-anaknya,” tuturnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!