- iklan atas berita -
Metro Times (Demak) – Memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) Tahun 2024, Mahasiswa KKN MIT 17 UIN Walisongo Posko 07 gelar stand kesehatan dan demo masak yang bertempat di PKD 1 Desa Rejosari, Karangawen, Demak pada Selasa, (30/01/24).
Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang ibu hamil di Desa Rejosari. Stand kesehatan yang diadakan meliputi pemeriksaan antropometri berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas (LILA) dan tekanan darah. Kemudian dilanjutkan dengan konseling terkait hasil pemeriksaan dan keluhan ibu hamil.
“Berat badan saya itu masih kurang, memang dari sebelum hamil saya itu susah buat naikin berat badan mba, jadi merasa terbantu dengan adanya stand kesehatan ini,” tutur Lutfia.
Selain kegiatan diatas, juga dilakukan sosialisasi mengenai hiperemesis pada ibu hamil yang disampaikan oleh Hasna Nurfiani. Hasna menyampaikan bahwa mual muntah pada kehamilan trimester pertama merupakan hal yang wajar akan tetapi nutrisi ibu harus tetap dipenuhi.
“Saat sedang mual muntah, disarankan makan dengan porsi kecil tapi sering serta makan makanan yang berbahan tepung-tepungan seperti biskuit, roti tawar, kentang, buah segar, dan lain-lain,” kata Hasna.
Rangkaian acara ditutup dengan demo masak menu bola tahu ayam kelor dan susu bunga telang. Demo masak dilakukan oleh dua mahasiswa KKN posko 07, yakni; Putri Aria Afrilian dan Fina Dwi Aryanti.
Pemilihan menu ini karena memanfaatkan pangan lokal dengan banyaknya manfaat bunga telang dan daun kelor untuk kesehatan.
“Iya karena kebetulan disini ada daun kelor dan bunga telang, jadi memanfaatkan sekaligus mengenalkan kepada masyarakat mengenai bagusnya manfaat tumbuhan tersebut,” terang Fina. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!