Ngopi Bareng, Dandim Kendal Ingatkan Wartawan Jangan Test The Water Dengan Isu Yang Tak Bertanggung Jawab

0
346
Dandim Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto dalam acara ngopi bareng wartawan Kendal di Makodim 0715/Kendal, (19/2).
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto mengingatkan wartawan untuk menghindari tindakan test the water atau uji permukaan air beriak apa tidak dengan melempar sebuah isu di tengah masyarakat.

“Jangan asal melempar isu atau opini yang belum tentu kebenarannya,” kata Dandim Kendal, dalam acara ngopi bareng wartawan Kenal di Aula Makodim 0715/Kendal, Jumat (19/2/2021).

Menurut Dandim, seiring dengan kemajuan era digital, link sebuah pemberitaan sangat mudah disebarluaskan. Opini yang belum tentu kebenarannya dan dengan cepat disebarkan, dapat memecah belah anak bangsa.

“Wartawan harus waspada menghadapi isu sekitar, terutama di wilayahnya agar tidak terjadi opini yang bisa menimbulkan kepentingan yang kontradiktif di masyarakat,” ujarnya.

Dandim meminta agar wartawan tetap kompak dan terus saling berkomunikasi, berkoordinasi dan jaga silaturahmi satu dengan yang lain tanpa memandang asal organisasinya.

ads

“Berikan informasi yang bisa mengedukasi masyarakat, jadikan profesi jurnalis yang bisa menjadi pemersatu anak bangsa,” tandasnya.

Dandim juga berharap, apapun profesi yang sedang dijalani harus dilaksanakan dan didasari dengan iman dan hati nurani.

Sementara itu, Kasdim 0715/Kendal, Mayor Inf Sukamto mengatakan, ada beberapa poin penting fungsi wartawan, diantaranya sebagai pemberi informasi, pendidik dan sebagai fungsi silaturahmi.

“Seperti yang disampaikan bapak Dandim, jadi wartawan selain menyampaikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat, wartawan juga bisa menyatukan apa yang terpisah dan mendatangkan yang jauh,” ungkapnya.

Salah satu wartawan, Unggul Priambodo meminta kepada rekan-rekan untuk menanggalkan baju organisasi dan hanya memakai media dari wartawannya saja.

Selain itu, menurutnya, selama ini wartawan-wartawan di Kendal sudah mempunyai grup masing-masing organisasinya.

“Mulai saat ini, kita tanggalkan baju organisasi kita dan kita bersatu sebagai wartawan Kendal. Kita memakai medianya masing-masing saja, tanpa mengaku dari organisasi mana,” kata Unggul.(Gus)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!