- iklan atas berita -

 

Metro Times (Semarang) Usai menjalani penugasan sabagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamrahwan) di Puncak Jaya Papua selama kurang lebih 10 bulan, prajurit Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad Purworejo, yang dipimpin langsung oleh Danyonif Mekanis Raider 412 Kostrad, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan disambut dengan upacara purna tugas Satgas Pamrahwan di Darmaga 2 Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Rabu(07/08/2019).

Upacara penyambutan dipimpin langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.AP., M.Si., M.Tr (Han), sekaligus sebagai inspektur upacara. Dihadapan ratusan prajuti dan penjabat tinggi jajaran Kostrad, Pangdivif mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas hasil pelaksanaan tugas dan pengabdian selama di daerah penugasan.

“Hendaknya pengalaman penugasan ini, dapat dijadikan pembanding dan pemikiran yang positif serta sebagai bekal dalam membina dan meningkatkan kemampuan para prajurit guna mempersiapkan diri dalam melaksanakan tugas-tugas ke depannya,” tegasnya.

ads

Selain itu, Pangdivif 2 Kostrad juga meminta para prajuritnya tersebut agar segera melakukan pengecekan, pemeliharaan dan inventarisir semua peralatan maupun persenjataan serta perlengkapan lainnya yang telah digunakan selama tugas operasi, sehingga peralatan dan persenjataan tersebut dalam waktu singkat siap digunakan kembali.

“Selamat datang dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga, semoga setiap tetesan keringat dan dharma bhakti yang telah kalian sumbangkan, diterima dan dicatat sebagai amal sholeh oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” harap Pangdivif 2 Kostrad.

Pangdivif 2 Kostrad juga berpesan kepada seluruh prajurit bahwa momen penugasan tersebut sebagai pengalaman serta keberhasilan yang telah dicapai bersama. Hendaknya tidak puas diri dan membuat sombong serta tinggi hati. Sehingga pada akhirnya dapat merugikan nama satuan dan nama baik Divisi Infanteri 2 Kostrad.

“Selalu saya pesankan jaga sapta marga. Jadi berangkat dengan kehormatan, pulang dengan penuh kebanggaan. Ini sudah mereka tampilkan selama massa tuga di Puncak Jaya Papua, dan mereka sudah kembali dengan utuh. Prestasi ini sangat gemilang dan membanggakan,” ujar Pangdivif.

Pangdivif juga mengapresiasi kepada semua anggota Yonif Mekanis Raider 412/Kostrad, dimana banyak info positif yang diterima dari tokoh adat dan tokoh masyarakat, serta pemerintah setempat, bahwa kehadiran satgas pamrahwan YMR 412 di medan tugas banyak membantu masyarakat. Seperti di dibidang pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan sosial ekonomi masyarakat setempat.

“Banyak tokoh adat, tokoh masyarakat yang meminta tugas mereka diperpanjang, tapi kami bilang tidak boleh. Inilah yang membuat kami bangga sekali dengan perjuangan mereka disana. Seperti ada salah satu anggota yang membantu persalinan seorang ibu disana, ini merupakan perbuatan yang sangat mulia,” jelas Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto kepada media.

Sementara itu, Danyonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad Purworejo, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengungkapkan bahwa sebanyak 450 personil TNI Yonif Mekanis Raider 412/BES Kostrad Purworejo yang bertugas di Puncak Jaya Papua pada September 2018 lalu, kini semuanya telah kembali dengan selamat.

Sesuai perintah pimpinan kami sebagai Satgas Pamrahwan di Puncak Jaya Papua selama kurang lebih 10 bulan. Banyak hal yang telah dikerjakan oleh semua personil untuk membantu masyarakat sekitar. “Jadi kami disana semata – mata bukan saja untuk berperang, namun mendidik masyarakat dibidang sosial dan ekonomi, serta pendidikan dan kesehatan, dan ini sangat diterima oleh mereka,” jelas Danyonif MR 412/Kostrad, Eko Bintara S, kepada media usai upacara.

Danyonif juga menambahkan bahwa tugas ini merupakan sebagai pengalaman untuk tugas berikutnya. Dimana pihaknya kedepan akan melakukan persiapan – persiapan untuk kembali bertugas ke luar negeri.

Ikut hadir pada acara tersebut Danrem 073 Salatiga, Kasdim 0733 Semarang, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, para Komandan Satuan Jajaran Kodam IV/Diponegoro, Irdam IV/Diponegoro, Kasatbrimob Polda Jateng, Kasat Sabhara Polrestabes Semarang serta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 2 PG Kostrad beserta Pengurus. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!