- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Akademi Militer (Akmil) bekerja sama dengan PMI Kota Magelang melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI tahun 2020 yang dilaksanakan di Main Hall Akademi Militer Magelang, Selasa (22/09).

Wakil Gubernur (Wagub) Akmil Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dalam hal ini mewakili Gubernur Akmil menyampaikan,

“Dalam rangka Hut TNI ke-75 ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Akmil, diantaranya olah raga bersama dan sekarang donor darah yang dilaksanakan serentak di 86 satuan, selanjutnya masih ada kegiatan lomba-lomba. Untuk kegiatan Donor Darah hari ini cukup lama dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 14.00 WIB yang dilaksanakan di Selasar Main Hall. Karena masih dalam situasi Covid 19 protokol kesehatan harus di terapkan, cek suhu, jaga jarak dan cuci tangan,” jelasnya.

Sementara Kepala Kesehatan Akmil Letkol Ckm dr Rudy Dwi Laksono S.PD., M. Ked., mengungkapkan,

”Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI tahun 2020 ini, sebelumnya didahului dengan pengecekan suhu badan, bila suhu badan lebih dari 37,5 tidak diperkenankan untuk meneruskan masuk ke area donor darah, bila suhu badan di batas normal diperbolehkan melanjutkan dengan cuci tangan yang telah disiapkan dengan air mengalir dan sabun. Kemudian pengecekan tensi, bila tensi memenuhi syarat akan dilanjutkan tes HB kadar Hemoglobin, kadar sel darah merah dalam tubuh oleh Dr. Bram dari PMI Kota Magelang. Bila kesemua ini memehuni syarat maka para colon pendonor akan ke tempat bed masing-masing untuk diambil darahnya sekitar 300 cc dari tiap pendonor. Setelah itu para pendonor akan diberikan vitamin dan makan tambahan,” terang Kepala Kesehatan Akmil.

ads

“Kegiatan donor darah seperti ini merupakan sebagai wujud kepedulian sosial kita terhadap masyarakat sekitar, khususnya di wilayah Magelang dengan cara membantu ketersediaan darah yang ada di PMI Kota Magelang guna mengantisipasi keadaan yang tidak diprediksi,” tambahnya.

Di akhir acara, Wagub mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PMI Kota Magelang yang telah berkenan membantu kegiatan donor darah di setiap even kegiatan, dan diharapkan kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat bermanfaat bagi kepentingan orang banyak, utamanya dalam upaya penyelamatan jiwa melalui darah bagi sesama umat manusia. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!