- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Tahun ini penuh tantangan dan tingkat persaingan antar konsultan makin ketat, tidak hanya bersaing dengan konsultan lokal, namun bersaing dengan konsultan asing.

Ketua Persatuan Konsultan Indonesia (PERKINDO) Jatim, Ir H Antung Harudji S IAI.MM menjelaskan, konsultan lokal  siap bersaing dengan konsultan asing. ”
Tenaga ahli kita punya kemampuan yang bagus dan tak khawatir bersaing dengan asing. Asalkan, organisasi kuat dan peraturan pemerintah jelas. Insya Allah kita siap bersaing,” katanya di sela-sela Musda II PERKINDO Jatim di Surabaya, Sabtu (3/3).

Menurut Antung, biasanya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia , itu membawa konsultan sendiri. Nantinya, regulasi saya pikir asing harus bekerjasama dengan konsultan lokal. Itu  sudah ada aturan pemerintah.

“Jangan kaget bila ada konsultan asing yang bisa berbahasa Indonesia. Konsultan asing harus menggandeng konsultan asing. Kalau melanggar, akan ada sanksinya,” ucapnya.

ads

Atas dasar itulah, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dipunyai perusahaan konsultan harus senantiasa ditingkatkan lagi. Mereka harus tersertifikasi, prefesional dan berpengalaman.

Melihat makin sengit persaingan, maka PERKINDO Jatim membagi per wilayah di Jatim. Setiap wilayah ada perwakilan- perwakilannya, misalnya Surabaya, Lamongan, Gresik. Wilayah Malang Raya, Pasuruan sampai Lumajang. Tapal kuda sampai Banyuwangi  dan lainnya.

“Setiap wilayah ada anggota  dan mewakili PERKIND Jatim. Kalau ada proyek atau kerjaan bisa disampaikan ke teman-temannya. Kami juga membuat website dan hari ini bisa terealisasikan. Ini memudahkan komunikasi dengan teman- teman di daerah agar tidak ketinggalan. Persatuan dan koordinasi bisa jalan,” ucapnya.

Awalnya, anggota PERKINDO Jatim hanya 18 perusahaan konsultan dan kini menggelembung menjadii 277 anggota.  Strateginya adalah mempermudah  pendaftaran dan aktif melakukan komunikasi dengan teman-teman di daerah.

“Semua anggota sudah tersertifikasi dan harapannya anggota di Jatim bisa mencapai  500. Jika sejumlah itu akan bisa seattle dan mampu menghidupi kantor dan mandiri,” cetus Antung.

Mengingat sekarang ini sistem lelang menggunakan LPSE, maka perlu ditingkatkan kualitas SDM konsultan. Persyaratan harus lengkap, pengalaman dan profesional. Kalaupun pemenang lelang lewat LPSE itu, karena kesempurnaan perusahan itu sendiri.

Nah, saat ini lagi booming proyek BUMN yang masih dikuasai oleh BUMN sendiri, Harapan anggota PERKINDO bisa bekerjasama (joint operation) dengan BUMN. Namun, trebentur persyaratan JO itu harus sama dengan klasifikasi BUMN. “Kita usulkan DPP PERKINDO agar  teman- teman tinggal persiakan  tenaga ahlinya. Misalnya tenaga pengurukan, kan nggak sulit,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PERKINDO , Ir Mahmud La Kaiya MM mengatakan, Perkindo merupakan salah  satu perusahaan di bidang konsultan kontruksi dan non-konstruksi.

Selama 10  tahun  terbentuk, tinggal satu propinsi yang belum terbentuk, yakni  Kaltara sebagai pemekaran Kaltim dan diusahakan segera terbentuk.

Mahmud berharap akan tercipta akselerasi penyedia  jasa konsultan dan berpartisipasi dalam lelang dan menjadi  pilar pembangunan nasional  untuk menciptakan konstruksi yang baik untuk pembangunan infrastruktu di Indonesia.

“Kini tercatat  4.800 anggota PERKIND di Indonesia. Kami akan jaga  kuantitas dan kualitas konsultan, karena bersaing di tingkat  nasional dan internasional, ”  ungkapnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!